Follow Us

8 Persiapan Update iOS 12 untuk Pengguna Umum

Bagus Hernawan - Senin, 17 September 2018 | 14:00
8 Persiapan Update iOS 12 untuk Pengguna Umum

[UPDATE]: iOS 12 dan watchOS 5 akan dirilis tanggal 17 September jam 10.00 PDT (Pacific Daylight Time). Itu artinya update tersebut akan tersedia tanggal 18 September jam 00.00 WIB.

Update iOS 12 akan segera dirilis untuk pengguna umum. Ya, jika mengikuti tradisi sebelumnya, update iOS terbaru akan rilis beberapa hari hingga sepekan setelah Apple Event di bulan September. Persiapan apa saja yang harus kamu lakukan sebelum mengunduh update iOS 12? Simak catatan dari tim MakeMac ya!

8 Persiapan Update iOS 12 untuk Pengguna Umum

1. Cek Daftar Perangkat yang Mendukung

Pastikan dulu bahwa perangkat iOS yang kamu gunakan, masuk dalam daftar perangkat yang mendukung iOS 12. Sesuai dengan pengenalan iOS 12 di ajang WWDC 2018 lalu, Apple memberikan dukungan sistem operasi ini untuk semua perangkat iOS yang juga mendukung iOS 11.

Yaitu perangkat iPhone mulai dari iPhone 5s hingga iPhone X, perangkat iPad mulai dari iPad Mini 2 hingga iPad Pro 10.5 inci dan iPod Touch hanya di generasi keenam saja. Daftar lengkapnya dapat kamu lihat pada gambar di atas.

2. Cadangkan Data, Penting!

Cadangkan data atau Backup adalah salah satu langkah paling penting sebelum melakukan update ke iOS 12. Tujuan dari mencadangkan data adalah persiapan jika saat update nanti, kamu mengalami kendala seperti error atau hal lainnya. Jika sudah memiliki cadangan data, kamu tidak perlu takut untuk melakukan Restore from Backup alias kembali ke iOS 11 jika diperlukan.

Ada beberapa cara mencadangkan data yang bisa kamu lakukan ya. Mulai dari Backup di iTunes atau iCloud, hingga cadangkan data secara manual. Maksud dari cara manual adalah menyalin data foto dari Camera Roll ke perangkat komputer atau jenis data lainnya sesuai cara yang biasa kamu gunakan. Misalnya untuk saya pribadi, biasa mencadangkan data foto dari Camera Roll ke perangkat komputer Mac dengan bantuan aplikasi Image Capture.

Sebagai tambahan bagi kamu yang menggunakan metode cadangkan data lewat iTunes, silakan gunakan fitur Archive jika diperlukan. Dengan mode Archive, cadangan data tersebut tidak akan tertimpa dengan Backup berikutnya yang sudah menggunakan iOS 12. Sehingga kamu bisa melakukan downgrade ke iOS 11 jika diperlukan dan kembali ke cadangan data tersebut.

3. Catat Passcode Lock dan Akun Apple ID

Salah satu metode update ke iOS 12 adalah OTA Updates alias langsung dari perangkat tersebut. Syarat utama untuk melakukan OTA Updates di sisi keamanan adalah memasukkan Passcode Lock atau kode kunci keamanan. Pastikan kamu mengetahui Passcode Lock dari iPhone yang digunakan ya.

Editor : Bagus Hernawan

Latest