Follow Us

Apple Donasikan 1.000 Apple Watch untuk Penelitian Eating Disorder

Bagus Hernawan - Selasa, 16 Oktober 2018 | 16:00
Apple Donasikan 1.000 Apple Watch untuk Penelitian Eating Disorder

Apple akan mendonasikan 1.000 Apple Watch untuk sebuah penelitian dengan topik Eating Disorder (kelainan kebiasaan makan). Penelitian ini dilakukan oleh The University of North Carolina dengan nama BEGIN (Binge Eating Genetics Initiative).

Secara sederhana, BEGIN ingin mengetahui perubahan apa saja yang terjadi dalam tubuh manusia saat mengalami gejala kelainan kebiasaan makan. Terutama untuk masalah gejala kelainan kebiasaan makan yang terjadi dalam waktu singkat dan tidak dapat dikendalikan.

Orang-orang yang mengalami gejala makan berlebihan dan tidak bisa dikendalikan biasanya mendapatkan diagnosis bulimia nervosa. Studi tersebut akan menggunakan responden yang mendapatkan diagnosis bulimia nervosa sejumlah 1.000 peserta. Syarat utamanya adalah berumur di atas 18 tahun dan memiliki pengalaman dengan gejala kelainan kebiasaan makan atau bulimia nervosa.

Baca Juga:

Nantinya peserta tersebut harus menggunakan aplikasi Recovery Record untuk mencatat pikiran perasaan mereka, rutin setiap hari. Nantinya catatan ini akan digunakan oleh bagian perawatan profesional untuk mendapatkan sesi konsultasi. Prosesnya hanya sekitar 10 menit setiap hari.

Selain aplikasi di iOS, responden juga akan mendapatkan Apple Watch yang diberikan oleh Apple sebagai bentuk dukungan dari penelitian ini. Tujuannya adalah mencatat detak jantung dan perubahan yang terjadi, sebelum atau selama bulimia nervosa berlangsung. Sebagai tambahan, peserta juga akan mendapatkan tes genetika dan tes bakteri di dalam tubuh untuk mendapatkan data lebih lengkap.

Tujuan akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan data untuk memprediksi kapan masalah bulimia nervosa akan terjadi. Setelah itu studi yang dapat dilanjutkan adalah memberikan peringatan kepada peserta saat gejala bulimia nervosa akan terjadi, membuat mereka dapat berhenti makan atau minimal mengendalikan diri.

Apple Watch memang punya banyak sekali kegunaan yang bisa diterapkan pada dunia riset kesehatan. Sebelumnya Apple Watch juga sudah pernah digunakan dalam penelitian gejala Parkinso, depresi dan beberapa lainnya. Apakah kamu termasuk Apple Fanboy yang menggunakan Apple Watch? Bagikan di kolom komentar ya!

Wawancara Jony Ive Mengenai Desain Apple Watch Series 4


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest