Follow Us

Reachability, Fitur Penting yang Banyak Ditanyakan Pengguna Baru

Bagus Hernawan - Selasa, 16 Oktober 2018 | 15:46
Reachability, Fitur Penting yang Banyak Ditanyakan Pengguna Baru

Halo MakeMac, kok layar saya hilang separuh?

Pertanyaan ini beberapa kali masuk ke Instagram MakeMac dan Twitter MakeMac. Sejumlah pengguna baru dari perangkat iPhone menanyakan apa yang terjadi dengan layarnya – hilang separuh alias hitam di bagian atas dan harus menekan bagian tertentu untuk kembali normal.

Sebetulnya ini bukan gejala perangkat iOS mengalami kerusakan ya. Namun itu disebut fitur Reachability. Dalam artikel ini tim MakeMac akan membahas Reachability secara lengkap, silakan simak terutama untuk pengguna baru perangkat iPhone ya!

Kupas Tuntas Reachability

Apa Itu Reachability?

Reachability adalah fitur baru yang dikenalkan Apple sejak iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, terdapat di iOS 8 hingga iOS paling baru. Fitur ini berguna untuk membantu pengguna mengakses bagian separuh atas layar, tanpa repot menggunakan 2 tangan.

Perangkat iPhone yang mendukung Reachability mulai dari iPhone 6, iPhone 6 Plus hingga terbaru adalah iPhone Xs Max. Fitur ini tidak tersedia di iPhone yang menggunakan ukuran layar di bawah 4.7 inci. Yaitu iPhone 5, iPhone 5s atau iPhone SE. Karena ketiga ponsel itu masih menggunakan layar 4 inci dan relatif mudah untuk menggunakan 1 tangan hingga akses ke ujung layar manapun.

Baca Juga:

Aktifkan Reachability

  1. Pastikan kamu menggunakan iPhone dengan ukuran layar 4.7 inci atau lebih besar dan menggunakan iOS 8 atau lebih baru.
  2. Masuk ke aplikasi Settings.
  3. Akses pengaturan Reachability di bagian General – Accessibility – Reachability – ON.

Cara Menggunakan Reachability

Setelah mengaktifkan fitur Reachability, silakan gunakan dengan cara sentuh Home Button 2x secara cepat. Ingat, sentuh ya bukan tekan karena jika ditekan akan mengaktifkan mode Multitasking. Sedangkan untuk pengguna iPhone Xs dan generasi lebih baru yang tidak ada Home Button, silakan swipe ke bawah dari garis vertikal di bagian bawah layar.

Setelah menggunakan Reachability, silakan kembali ke mode normal dengan melakukan double tap lagi, swipe ke atas dari bagian bawah layar iPhone X atau tekan ikon panah ke atas di bagian separuh atas layar.

Mode Reachability dapat kamu gunakan di Lockscreen, Homescreen atau di dalam aplikasi. Fitur Reachability tidak dapat digunakan di tampilan mendatar atau aplikasi yang menggunakan tampilan utama dengan mode mendatar seperti games PUBG Mobile misalnya.

Akhir Kata

Sebagai pengguna iPhone 7 Plus, saya sering menggunakan Reachability untuk akses deretan ikon di bagian atas jika sedang tidak bisa memegang iPhone menggunakan 2 tangan. Misalkan saat sedang membawa barang di tangan lain, di dalam kendaraan umum atau mungkin lainnya.

Salah satu kombinasi penggunaan dari Reachability dan gesture yang sering saya gunakan ada di aplikasi Twitter. Yaitu saat membuka mode Home di Twitter, aakses Reachability dengan double tap di Home Button lalu tekan ikon jam di Status Bar. Fungsinya adalah menuju ke informasi paling baru yang dibagikan di Timeline. Punya tips penggunaan Reachability lainnya? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Latest