Follow Us

Makna Huruf “R” di iPhone XR Bagi Phil Schiller

Bagus Hernawan - Selasa, 23 Oktober 2018 | 14:43
Makna Huruf “R” di iPhone XR Bagi Phil Schiller

Penamaan sebuah produk biasanya memiliki arti di belakangnya. Begitu pula dengan produk Apple terutama perangkat iPhone. Selama ini Apple selalu menggunakan imbuhan “S” sejak era iPhone 3GS, iPhone 4S, hingga sekarang iPhone XS. Hanya ada 2 anomali saja yang pernah terjadi yaitu iPhone 5C dan saat ini iPhone XR.

Phil Schiller, SVP of Worldwide Marketing di Apple mengatakan bahwa “R” di iPhone XR tidak punya makna apapun. Berbeda dengan penggunaan nama iPhone SE yang berarti Special Edition seperti di Macintosh SE pada tahun 1987.

Namun dalam wawancara bersama Engadget, ada makna tersendiri bagi Phil Schiller untuk huruf “R” di iPhone XR.

Menurutnya, huruf R atau S biasa digunakan oleh produsesn mobil untuk tipe spesial atau tipe Sport Car. Ya, Phil Schiller memang seorang fans berat dari merek mobil Porsche dan Audi yang bisa menggunakan huruf R atau S.

“I love cars and things that go fast, and R and S are both letters used to denote sport cars that are really extra special”


Baca Juga:


Mundur ke era rilis iPhone 3GS, Apple pernah menjelaskan bahwa “S” digunakan untuk menjelaskan Speed alias kecepatan. Sedangkan di jaman iPhone 4S, “S” dimaksud sebagai Siri yaitu Personal Assistant yang dibuat pertama kali oleh Apple.

Setelah itu Apple tidak pernah lagi menjelaskan secara gamblang untuk penggunaan “S” di iPhone 5s, iPhone 6s, hingga akhirnya iPhone SE. Begitu pula untuk iPhone XR dan iPhone XS yang rilis di tahun 2018, hanya ada jawaban personal dari Phil Schiller dalam penjelasan di atas.

Menurut kamu, apa arti huruf “R” di perangkat iPhone XR? Bagikan di kolom komentar ya!


Gelombang Pertama Video Hands-On iPhone XR Rilis di YouTube


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest