Follow Us

Review F1 Mobile Racing, Game Balap Cantik Ala Konsol

Alexius Aditya - Rabu, 24 Oktober 2018 | 15:00
Review F1 Mobile Racing, Game Balap Cantik Ala Konsol

Berbicara soal game balap mobil memang sedikit rumit. Sulit untuk menjembatani dua kubu antara penggemar simulator dan arkade. Biasanya, tidak heran jika kemudian pengembang justru memasukkan keduanya menjadi satu kesatuan. Menghadirkan kedua opsi yang bisa dipilih oleh para gamer sendiri. Hal ini bisa terkadang berakhir dengan baik, atau justru membuat sebuah game jadi tidak memiliki identitas sama sekali.

Visual Cantik Ala Konsol

Cantik adalah satu kata yang terlintas ketika pertama kali F1 Mobile Racing terbuka di iPhone saya. Dari mulai detail mobil, situasi yang ada di setiap track, sampai pada efek yang timbul saat mobil bergesekan satu sama lain, semuanya terlihat dengan sangat baik. Untuk hal yang satu ini, rasanya saya tidak perlu lagi meragukan pengembang Codemaster dalam melakukan pekerjaannya.

Tapi bukan soal visual saja yang akan dibahas disini, melainkan apa yang ada dibalik kecantikan F1 Mobile Racing, yaitu balapannya sendiri. F1 Mobile Racing diawali dengan sebuah tutorial yang mudah, dimana game akan mencoba untuk membuatmu familiar dengan kendali yang ada di dalam permainan. Setelah hapal dengan kendalinya, kamu bisa memilih untuk tetap menggunakan opsi mudah dengan membiarkan assist berjalan, atau mematikannya sama sekali sehingga membuat game menjadi jauh lebih susah, membiarkanmu merasakan bagaimana ada dibalik kemudi mobil F1 yang asli.

Menjadi Diri Sendiri

Pada F1 Mobile Racing, kamu akan bertanding melawan banyak pembalap senior, namun kamu tidak akan bermain menjadi orang lain, melainkan diri sendiri. Hal ini tentunya membuat kamu harus mengurus semuanya sendiri, mulai dari menjadi seorang pembalap di track sekaligus menjadi mekanik di belakang layar.

Pertandingan yang paling penting untuk dilakukan adalah duel. Dengan melakukan duel, kamu bisa mendapatkan berbagai macam blueprint yang dapat menghasilkan dan meningkatkan performa dari mobil balapmu sendiri. Blueprint ini bentuknya macam-macam, dan semakin banyak kamu menang, maka semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan blueprint yang sama. Ketika mendapatkan blueprint yang sama, kamu bisa menggabungkannya untuk meningkatkan levelnya. Mekanisme ini mirip dengan yang ada pada game kartu Clash Royale.

Berlatih Menjadi Sempurna

Performa mesin yang baik sama pentingnya dengan kemampuan yang ada pada diri sang pembalap sendiri. Oleh karena itu, berlatih menjadi kuncinya. Duel dimenangkan oleh mereka yang bisa meraih waktu tercepat dalam satu putaran, dan jika kamu bisa menyetir dengan baik, maka hal tersebut tentu bukan masalah besar.

Sayangnya, hal diatas tidak berlaku untuk singleplayer. Fitur singleplayer yang ada pada F1 Mobile Racing hanyalah sebagai latihan saja, bukan untuk mendapatkan blueprints atau apapun. Ini bukan masalah jika saja dukungan konektivitas yang ada sudah sangat stabil, namun sayangnya, untuk saat ini, hal tersebut masih jauh dari harapan.

Baca Juga:

Kesimpulan

Saya bukan seseorang yang menyukai permainan PvP, namun disini saya dipaksa untuk melakukannya agar bisa bermain lebih maju lagi. Jika tidak, maka saya tidak akan mendapatkan hasil apapun di dalam permainan F1 Mobile Racing. Semua blueprint hanya bisa diperoleh jika pemain melakukan duel.

Editor : MakeMac

Latest