Separuh Karyawan Apple Yakin Perusahaan Baik-Baik Saja Tanpa Jony Ive

Jumat, 05 Juli 2019 | 17:05

Jony Ive mundur dari Apple setelah hampir 30 tahun menciptakan desain beragam produk mulai dari iMac, iPod, iPhone hingga Apple Park.

Keputusan ini mengejutkan publik, apakah Apple baik-baik saja jika ditinggalkan maestro desain produknya yang dulu akrab dengan Steve Jobs?

Fortune bekerjasama dengan sosial media Blind untuk mengadakan survey mengenai hal ini.

Blind, sosial media yang biasa digunakan oleh para karyawan perusahaan untuk bergosip mengadakan jajak pendapat dengan responden para karyawan Apple.

Jajak pendapat ini menggunakan topik apakah ada dampak buruk bagi Apple setelah Jony Ive keluar. Jawabannya cukup mengejutkan.

Sebanyak 52% karyawan Apple dalam jajak pendapat ini yakin bahwa tidak ada efek buruk untuk Apple setelah Jony Ive mundur.

Selanjutnya sekitar 22% yakin bahwa ini memberikan dampak positif untuk perusahaan. Sisanya yaitu 26% sangat cemas dan takut bahwa keputusan Jony Ive dapat membahayakan Apple.

Hasil ini didapatkan dari lebih dari 100 karyawan Apple dalam beragam divisi. Mulai dari divisi teknik, operasional, penelitian dan pengembangan, dan tim desain. Ya, tim desain tempat Jony Ive bekerja di Apple selama ini.

Baca Juga: (Video) Jony Ive Apresiasi Desain Kotak Makan Siang Anak-Anak

Sebagai tambahan, sebanyak 73% karyawan Apple menilai bahwa Jony Ive sangat penting untuk Apple. Hanya sekitar 8% karyawan saja yang berpendapat bahwa Ive tidak berharga untuk perusahaan tersebut.

Blid mencoba untuk memperbesar responden dari jajak pendapat ini. Yaitu menggunakan lebih dari 2.000 karyawan di perusahaan teknologi.

Hasilnya? Sebanyak 48% responden berpendapat bahwa keputusan Ive tidak akan memberikan efek buruk untuk Apple.

Sisanya adalah 38% responden berpikir bahwa keputusan Ive akan membuat efek buruk untuk Apple.

Terakhir 14% responden mengatakan bahwa keputusan Ive untuk mundur dari Apple akan memberikan efek positif.

Baca Juga: 10 Produk Apple Hasil Desain Jony Ive, Dari iMac Hingga Apple Park

Secara umum, 70% responden memberikan prediksi bahwa Apple akan tetap menjadi pemimpin dalam dunia desain produk.

Bagi kamu yang belum tahu, Jony Ive keluar dari Apple untuk membuat perusahaan desain LoveFrom.

LoveFrom akan menjadikan Apple sebagai klien pertama dan prioritasnya, sehingga sentuhan desain Jony Ive akan tetap hadir di produk Apple yang akan datang.

Tag :

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya