Instagram Rilis 2 Fitur Baru untuk Mencegah, Melawan Online Bullying

Selasa, 09 Juli 2019 | 10:25

Instagram sebelumnya pernah menyampaikan bahwa tidak ada tempat untuk orang yang melakukan Bullying di layanan mereka.

Kini di catatan terbarunya, Instagram telah membagikan 2 fitur baru untuk mencegah dan menekan penyebaran Online Bullying.

Tujuan utama dari dibuatnya fitur ini adalah mencegah Bullying terjadi di Instagram dan mengajak target Bullying untuk membela diri.

We can do more to prevent bullying from happening on Instagram, and we can do more to empower the targets of bullying to stand up for themselves.

Fitur Mencegah Online Bullying

Fitur pertama untuk mencegah Online Bullying adalah menggunakan teknologi Artificial Intelligence untuk mendeteksi aktivitas bullying atau konten berbahaya lainnya dalam bentuk komentar, foto atau video.

Dalam beberapa hari terakhir, Instagram sudah merilis fitur dengan teknologi AI untuk memberitahukan kepada pengguna bahwa komentar yang dituliskan cenderung mengandung kata-kata ofensif.

Pemberitahuan ini dapat memberikan kesempatan untuk calon penulis komentar ini agar dapat membatalkan tulisannya dan mengganti dengan komentar lebih bijak.

Dari pengujian awal, Instagram menemukan bahwa hal ini mendorong beberapa orang untuk membatalkan komentar mereka dan membagikan sesuatu yang tidak mengarah kepada Online Bullying.

Baca Juga: Iklan di Instagram Akhirnya Merambah Bagian Explore Page

Lindungi Akun Kamu dengan Fitur Restrict

Fitur kedua yang dikenalkan oleh Instagram untuk mencegah Online Bullying adalah Restrict.

Mode ini dapat kamu gunakan untuk sebuah akun yang secara terus-menerus atau memiliki indikasi untuk melakukan Online Bullying.

Jika kamu memberikan fitur Restrict pada sebuah akun, ada 3 hal yang akan dilakukan Instagram:

  • Melindungi kamu dari interaksi yang tidak diinginkan, tanpa diketahui oleh pemilik akun tersebut.
  • Hanya kamu dan pemilik akun yang mendapatkan Restrict yang dapat melihat komentar darinya.
  • Akun yang mendapatkan Restrict tidak akan melihat status online dari akun kamu dan tidak mendapatkan notifikasi saat kamu membaca pesannya.
Sebagai tambahan, kamu juga bisa memilih opsi untuk pengguna lain melihat komentar dari akun yang mendapatkan tanda Restrict.

Fitur Restrict saat ini masih dalam tahap uji coba dan akan segera rilis untuk pengguna umum.

Bagaimana tanggapan kamu mengenai 2 fitur baru dari Instagram untuk menekan Online Bullying? Bagikan di kolom komentar ya!

Download Instagram

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya