Popularitas Wearable Apple Bisa Kalahkan iPad dan Mac di Masa Depan

Selasa, 13 Agustus 2019 | 14:10

Apple Watch dan AirPods

Awal tahun ini penjualan produk wearable terutama Apple Watch dan AirPods tercatat mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Penjualan produk dari sektor “Wearable, Home and Accessories” tercatat melonjak secara konsisten dari tahun ke tahun.

Di periode ini bahkan naik menjadi $5,53 miliar atau sekitar Rp 779 miliar lebih.

Angka ini tercatat mengalami kenaikan dari $3,73 miliar di Q3 2018 lalu.

Angka pendapatan yang terus menujukkan peningkatan secara konstan ini bukan tidak mungkin akan mengalahkan pemasukan dari sektor iPad dan Mac yang menjadi andalan Apple.

Baca Juga: Penjualan Produk Wearable Apple Catat Peningkatan Dari Tahun ke Tahun

Analis pasar Neil Cybart juga mengungkapkan potensi keberhasilan produk wearable Apple di kemudian hari.

Ia mengungkapkan kalau saat ini bisnis wearable milik Apple bernilai $16 miliar dan masih akan bisa meningkat.

Bahkan angka peningkatannya dari tahun ke tahun mencapai 50% sampai 60%.

Dengan angka yang tinggi ini, Cybart meramalkan pada akhir 2020 nanti pemasukan utama Apple akan datang dari sektor ini.

Baca Juga: Kebijakan Tarif Trump Bisa Turunkan Penjualan iPhone Hingga 20%

On a revenue basis, Apple’s wearables business is now at a $16 billion annual run rate growing at 55% to 60%. At the current pace, wearables will surpass both the iPad and Mac near the end of 2020 to become the third largest product category behind iPhone and Services when looking at revenue.

Bukan cuma Apple Watch dan AirPods, sejumlah produk Apple yang ada di sektor “Wearable, Home and Accessories” lainnya juga semakin diminati.

Sebut saja Apple TV, HomePod, dan juga Beats.

Beats sendiri dianggap punya peran yang cukup penting dalam peningkatan pendapatan di sektor ini.

Baca Juga: Penjualan iPhone Kuartal Kedua 2019 di Eropa Tunjukkan Performa Buruk

Seperti kita tahu, awal tahun ini Beats meluncurkan Powerbeats pro yang punya kualitas setara dengan AirPods dan langsung menuai respon positif di pasaran.

Meski begitu, Apple tidak bisa begitu saja melupakan ‘kegagalan’ iPhone di pasaran di beberapa kuartal sebelum ini.

Tentunya masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Apple sebelum perilisan iPhone 11 yang dikabarkan akan hadir beberapa saat lagi.

Baca Juga: Permintaan Keringanan Tarif Produksi Mac Pro di Tiongkok Ditolak

Tag

Editor : Bagus Hernawan