5 Alasan Mengapa Ekosistem Apple Cocok Bantu Produktivitas Kerja

Senin, 24 Agustus 2020 | 20:28
Dok. Shutterstock

Ilustrasi remote working dengan perangkat MacBook Pro 2020 dan AirPods Pro.

Ketika mendengar kataremote working, bayangan diri kamu duduk di ruang kerja di rumah, ditemani laptop, musik penggugah semangat yang terdengar lewat earphone, dan secangkir kopi langsung terlintas.

Meeting tidak harus bertemu langsung karena dapat digantikan denganvideo maupun voice conference call. Kolaborasi soal pekerjaan, mulai dari pendistribusian kerja hingga mengirimkan hasil pekerjaan, dilakukan lewat dunia maya.

Namun, bayangan ideal tersebut dapat seketika runtuh. Apalagi ketika kamu mendapati performa perangkat kerja seperti laptop yang digunakan, ternyata tidak mendukung. Bekerja lebih lambat karenalagging maupun dengan proses membuka aplikasi, pekerjaan menjadi lama selesai.

Kemudian, mimpi burukremote workingditambah dengan kualitasearphoneyang kurang baik.Meeting onlinemenjadi tidak lancar,playlistmusik yang seharusnya meningkatkanmoodjadi terdengar hambar.

Baca Juga: Melihat Purwarupa AirPower yang Batal Rilis Hingga Sekarang

Nah, demi mendukung kelancaran, kenyamanan, dan produktivitasremote working,sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untukupgradeperangkat kerja dan hiburan. Ini karena bekerja dari rumah atau dari mana saja diprediksi akan menjadi tren.

Kamu dapat mempertimbangkan perangkat Apple, seperti duet MacBook Pro 2020 yang dirilis baru-baru ini dan AirPods Pro yang sudah eksis sejak Oktober tahun 2019 lalu.

Kedua gadget ini memiliki performa dan sejumlah fitur untuk mendukung kebutuhan penggunanya saat remote working.

Ditambahekosistem Appleyangtak hanyastabil, tetapi juga menawarkan pengalaman kerja yangseamless,kamu akansemakin produktif. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Apple Store Ketiga di Singapura Segera Dibuka, Gedung Melayang di Air!

Portabel, bertenaga untuk segala kebutuhan

Beberapasoftwaremasa kini dihadirkan denganspesifikasi teknis cukup tinggi.Misalnyasaja Photoshop versi terbaru, yang mensyaratkan kapasitas RAM minimum sebesar8 GBagar penggunaannya maksimal.

Meskikamubisa saja menggunakan versi lawas,tetapi pengalamannya tidak akan maksimal.Belum lagi jika perlu melakukanrenderinguntuk pembuatan ilustrasi 3D.Tak jarang VGA standarakan membuatlag.

MacBook Pro 2020cocok untuk melengkapi seluruh kebutuhanmu, terutama dengan hadirnya RAM 16 GBplusclock speed3733 MHZ. Kendala lag maupun hang dapat teratasi. Didukung CPU Intel generasi ke–10 Quad-Core denganTurbo Boost hingga 4,1 GHz, menjadikannyalaptop denganportabilitas yang bertenaga.

Bagi pekerja kreatif, edit gambar dan rendering lebih lancar hingga 50 kali lipat.Kamu bisa mendapatkan performa hingga 50 kali lebih cepat untuk melakukan edit gambar. Teknologi VGA Intel Iris Plus, Retina Display 4K, dan fiturtrue tonedi laptop ini pun menghasilkan gambar sertatekstur warna lebih tajam.

Baca Juga: Katalog Aplikasi dan Games Mingguan: Bubur Ayam Express, Gumslinger, Tom and Jerry Chase

Untuk kebutuhan mengetik, Apple menghadirkan teknologi Magic Keyboard yang lebihtactiledan aman dari debu, sehingga tak perlu khawatir akan tutsmacet meski digunakan setiap hari.

Sementara AirPods Pro, hadir dengan teknologiactive noise cancellationdan desainear tiptertutup. Kebisingan di sekitar akan teredam.

Jika ingin tetap mendengar suara di sekitar meski sedang meeting, kamu bisa mengaktifkan fitur transparency mode. Mode ini membuat suara dari luar tetap terdengar, tanpa perlu melepas salah satu AirPods.

Fituradaptive equalizeryang bisa menyetel audiomenyesuaikan bentuk telinga, membuat kegiatanconference callhingga pekerjaan semakin mudah dan lancar.

Baca Juga: Jiplak TikTok, Instagram akan Tampilkan Foto Akun yang Tak Difollow

Aksesibilitas tanpa batas

Kehadiran Touch Barpada MacBook Pro 2020 mempermudah akses untuk berbagai kebutuhan. Touch Bar dapatmulai darimengontrol kecerahan dan volume,pemutaranmusik yang diputar, hingga membalas dan membuat email.

Fitur ini pun memungkinkan pengguna untuk multitasking, mengakses, dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Serupa dengan MacBook Pro 2020, AirPods Pro juga memiliki sensorforce touch.

Lewat sensor ini, pengguna cukup menekan bagian ujung AirPods untuk mengakses berbagai pengaturan, mulai dari menyalakan atau mematikan fiturnoise cancelling, mengaktifkanSiri, hingga mengontrol pemutaran lagu. Pengaturan pada AirPods juga dapat disesuaikan terlebih dahulu sesuai kebutuhan.

Kemudahan integrasi

Salah satu kendala yang sering dirasakan ketika bekerjaadalah repotnya memindahkan data darisatu perangkat ke perangkat lain.Misalnya darismartphoneke laptop. Selain terkendala kabel data, lamanya durasi pemindahan data kerap jadi kendala.

Baca Juga: Demi 5G, Apple Tekan Biaya Produksi iPhone 12 di Bagian Baterai

PenggunaMacBook Pro 2020 hanya perlu mengaktifkan fiturAirDrop padaiPhonemaupun sesama MacBook.

Begitu juga ketika melakukanpairingdengan AirPods Pro, sistem MacBook Pro 2020 akan mendeteksi kehadiran perangkat baru melalui Bluetooth dan perangkat bisa langsung digunakan.

Uniknya,Touch Barpada MacBook Pro 2020 juga dapat mengotrol AirPods, seperti mengubah lagu atau mengontrol volume.

Keamanan dan durabilitas ekstra

Keamanan data dan durabilitas merupakan dua hal penting. Apple membenamkan Apple T2 security chip untuk mengenkripsi data yang tersimpan, sekaligus menjaga aplikasi dari malfungsi. Hadir pula fitur Touch Id untuk keamanan ekstra membuka perangkat lewat sidik jari.

Baca Juga: Catat Rekor Baru, Apple Tembus Kapitalisasi Pasar $ 2 Triliun

Selain itu, MacBook Pro 2020 tidak memerlukan antivirus. Karenaoperating system(OS) yang adapada perangkat, didesain sedemikian rupa untuk melindungi dari berbagai ancaman virus.

Sementara AirPods Pro dilengkapi fitur keamanan bagi pengguna.AirPods Pro punya fitur pelacakan GPS untuk memantau posisi pengguna.

Fitur menarik lainnya

Baik MacBook Pro 2020 dan AirPods Pro turut dilengkapi dengan fitur tambahan. Di sisi MacBook Pro 2020,disediakan storage SSD 2 kali lebih besar dibanding para pendahulunya. Untuk versi terendah, dimulai dari 256 GB, 515 GB, hingga paling besar ada di 1TB.

MacBook Pro 2020 juga dapat dipesan lewat sistemcustom orderdengan kapasitas hingga 4TB SSD. Sedangkan, AirPods justru mampu mengurangi jumlah kabel di meja lewat fiturwireless chargingnya.

Baca Juga: Apple Bagikan Update iOS 14 dan iPadOS 14 Versi Public Beta 5

Ketika AirPods kehabisan baterai, cukup simpan saja didock chargingdan tunggu hingga penuh untuk digunakan kembali.

Selain kelima keunggulan di atas, keduanya turut mendukung integrasi dengansmartphonelainnya. Terutama AirPods yang tetap bisa digunakan di perangkat nonApple.

Selain itu, AirPods jugatahan air dan keringatberkat rating IPX4. Kamu bisa menggunakannya ketika berolahraga maupun bepergian keluar rumah.

Jika tertarik untuk mencoba sensasi produktivitas maksimal di rumah, kamu bisa memesan kedua perangkat tersebut melalui iBox Indonesia selaku Apple Premium Reseller untuk menikmati produk Apple bergaransi resmi.

Baca Juga: Update iOS 14 dan iPadOS 14 Developer Beta 5 Sudah Dapat Diunduh

Memiliki 63 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, pemesanan juga dapat dilakukan secara online melalui website resmi iBox,iBox Official Shop di Shopee, serta Mobile Shopping melalui Whatsapp di nomor 0811-2224-4269.

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya