Apple Konfirmasi Permintaan Paste Berlebihan Di iOS 16 Adalah Bug

Selasa, 20 September 2022 | 11:12
Apple Insider

Tampilan clipboard pada iOS 16 yang berisikan pilihan Paste, Format dan Dictate.

Apple harus mengakui bahwa masih banyak kekurangan pada iOS 16 terutama permasalahan adanya bug yang banyak dikeluhkan pengguna mereka.Baru-baru ini pengguna dibuat tidak nyaman dengan sistem iOS 16 karena adanya permintaan yang berlebihan pada clipboard paste setiap kali akan menempel teks dari aplikasi lain. Senior Manager Apple Ron Huang telah mengkonfirmasi bahwa masalah ini disebabkan oleh adanya bug pada sistem iOS 16.

Baca Juga: Apple Selidiki Bug iOS 16 yang Ganggu Aktivasi iPhone 14 BaruIa menekankan hal ini dalam komentar berantai pembaca situs MacRumor bernama Kieran yang mengirim email kepada Wakil Presiden Senior Software Enginering Apple Craig Federighi atas rasa frustrasinya dengan permasalahan ini."Ini sama sekali bukan perilaku (iOS 16) yang diharapkan, dan kami akan menyelesaikannya," ucap Huang. Ia juga menambahkan bahwa perilaku sistem ini adalah anomali yang jarang ditemui oleh pihak internal AppleHuang menduga hal ini dialami banyak pengguna dan Kieran mungkin "bukan satu-satunya" yang mengalami hal ini. Tak hanya itu, ia juga mengiyakan saran pembaca lain yang berpendapat bahwa akses clipboard harus ditambahkan dalam pengaturan aplikasi pihak ketiga akan menambah "kemajuan yang baik" pada clipboard.

Baca Juga: Ngebug! Spotify Minta Pengguna Apple Watch Tunda Upgrade WatchOS 9

Crast
Crast

Tampilan notifikasi permintaan paste (tempel) yang muncul secara berlebihan pada iOS 16.

Pada kondisi normal, sistem operasi seharusnya tidak akan meminta izin pengguna untuk memilih tindakan tempel (paste) atau tindakan lainnya pada clipboard tanpa tindakan/izin dari pengguna. Opsi pada clipboard harusnya dimaksudkan untuk memfasilitasi niat pengguna dan tidak perlu izin clipboard yang muncul secara otomatis. Apabila berfungsi dengan baik seharusnya permintaan izin seperti ini akan berkurang karena sistem hanya akan membaca konten tertentu pada aplikasi. Untuk menyelesaikan masalah ini, Huang menjanjijakan bahwa Apple akan memperbaiki masalah ini tanpa mempersulit penggunanya.

Baca Juga: 15 Fitur Tersembunyi di Update iOS 16 (Part 2), Ada Translate Bahasa Indonesia!

Apple sendiri saat ini sedang menguji versi beta iOS 16.1 dengan pengembang dan penguji beta publik. Namun hal ini nampaknya akan memakan waktu beberapa minggu sebelum pembaruan terbaru siap dilucurkan. Saat ini iOS 16.0.1 masih menjadi pembaruan terbaru untuk iOS 16 pada iPhone 14 pro dan iPhone 14 Pro Max. Pembaruan ini telah mengatasi beberapa masalah bug pada aktivasi FaceTime dan iMessage. Oleh karena itu untuk sekarang, sebagian besar fitur masih masih menjalankan versi awal iOS 16 yang diluncurkan minggu lalu.

Baca Juga: iOS 16.1 Beta 1 Bawa Persentase Batere ke iPhone XR, 11, 12 mini dan 13 miniTentunya permasalahan bug pada alses clipboard ini masih dapat diperbaiki lewat pembaruan iOS 16 mendatang. Hal ini termasuk juga beberapa laporan mengenai baterai yang cepat habis maupun masalah pemindahan data iPhone versi lama ke iPhone 14 Pro. Nah itulah permasalahan bug pada clipboard di iOS 16 sobat MakeMac.Sambil menunggu pembaruan iOS 16 selanjutnya kamu bisa manfaatin waktu buat baca informasi menarik seputar Apple lainnya hanya di Makemac.grid.id ya!!

Baca Juga: Inilah Kapasitas Baterai Seluruh Model iPhone 14, Ada Peningkatan?

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Sumber : 9to5mac, MacRumors

Baca Lainnya