Sebagai seorang pengembang aplikasi di App Store, pekerjaan kamu tidak bisa disebut selesai setelah aplikasi atau games resmi tersedia di App Store.
Menerima setiap pendapat atau kritik dari pengguna aplikasi adalah langkah selanjutnya. Hal ini dilakukan lewat bagian Rating & Reviews di App Store. Fitur ini berguna untuk mengumpulkan Rating dengan peringkat 1 bintang hingga maksimal 5 bintang dan komentar dari para pengguna.
Komentar dari aplikasi bisa bersifat pujian, masukan atau terkadang berupa rasa kesal. Sejak beberapa waktu lalu, Apple akhirnya memberikan fitur respon komentar untuk pengembang aplikasi, agar bagian ini menjadi 2 arah.
Namun satu hal yang saya temukan, kini di bagian komentar mulai ada sesuatu yang mengganggu. Yaitu digunakan oleh sejumlah pihak untuk melakukan promosi.
Promosi apa? Secara sederhana, pihak ini mencoba untuk mengajak pengembang aplikasi melakukan promosi dalam hal optimalisasi kata kunci pencarian di App Store.
Mekanismenya seperti iklan poster di pinggir jalan, tuliskan pesannya dan berikan kontak yang perlu dihubungi (dalam temuan tim MakeMac adalah sebuah akun Facebook).
Apakah hal ini bisa disebut kecurangan atau sesuatu yang salah? Ya, karena Apple menjelaskan bahwa komentar yang masuk ke bagian Rating & Reviews tidak boleh mengandung spam atau hal lain yang melanggar Syarat dan Ketentuan Apple.
Penjelasan ini dikutip dari laman Apple Developer untuk bagian pre-order.
If you see a review that contains offensive material, spam, or other content that violates Apple’s Terms and Conditions, use the Report a Concern option under the review in App Store Connect instead of replying to the review.Baca Juga: Pengembang aplikasi sebetulnya bisa melaporkan hal ini lewat fitur Report a Concern dari App Connect dan tidak perlu membalas pesan tersebut.