Follow Us

Update watchOS 5.1.2 Akan Hadirkan Aplikasi ECG di Apple Watch Series 4

Bagus Hernawan - Kamis, 29 November 2018 | 11:00
Aplikasi ECG, Image by Apple
https://www.apple.com/apple-watch-series-4/health/

Aplikasi ECG, Image by Apple

Apple mengenalkan Apple Watch Series 4 dengan sensor baru yang dapat menjadikan jam tangan pintar ini sebagai alat ECG (Electrocardiography) alias merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu.

Namun fitur ini belum rilis hingga sekarang. Dari dokumen yang diperoleh MacRumors, kabarnya aplikasi ECG di perangkat Apple Watch Series 4 akan dirilis dalam update watchOS 5.1.2 dalam waktu dekat.

ECG functionality will be enabled on the Apple Watch Series 4 in the publicly released version of watchOS 5.1.2, which is currently in beta testing…

Baca Juga:

Secara lengkap, aplikasi ECG di watchOS 5.1.2 dapat mendeteksi apakah irama jantung pengguna menunjukkan tanda-tanda atrial fibrillation, irama jantung yang tidak teratur, atau irama jantung normal.

Menurut FDA, Apple Watch Series 4 mampu menghasilkan data ECG yang mirip dengan alat electrocardiogram tipe single-lead.

Data ECG dari perangkat Apple Watch akan dikumpulkan ke aplikasi Health di perangkat iPhone yang terhubung. Bocoran dokumen ini juga menyebutkan bahwa perangkat iPhone yang digunakan minimal adalah iPhone 5s dengan iOS 12.1.1, saat ini masih dalam versi Beta.

Bagi kamu yang belum tahu, fitur pembacaan ECG di Apple Watch bekerja dengan cara pengguna menempelkan jari di bagian Digital Crown saat menggunakan Apple Watch.

Proses pemindaian akan berlangsung sekitar 30 detik dan grafis ECG akan tampil di layar beserta hasil pola detak jantung yang terekam.

Dokumen ini juga menyebutkan bahwa aplikasi ECG diregulasi dan hanya dapat digunakan di regional yang didukung.

Awalnya aplikasi ini hanya akan tersedia untuk pengguna Apple Watch Series 4 yang ada di Amerika Serikat karena Apple telah menerima ijin dari FDA.

Tetapi sensor ECG ini sudah tersedia di semua Apple Watch Series 4 yang dijual di seluruh dunia.

Meskipun punya fitur ECG, karyawan di Apple Store wajib memberi tahu pelanggan bahwa aplikasi ECG di Apple Watch Series 4 tidak dimaksudkan sebagai alat diagnostik atau untuk menggantikan metode diadnosis tradisional.

Selain itu aplikasi ECG tidak dapat digunakan untuk memantau atau melacak keadaan penyakit atau mengubah dosis obat tanpa konsultasi ke dokter.

Editor : MakeMac

Latest