Apple telah mengumumkan “SSD Service Program” untuk MacBook Pro 13 inci non Touch Bar tahun 2017 beberapa pekan lalu.
Kini untuk mempercepat pengguna melakukan perbaikan, Apple juga mengirim surel (surat elektronik) kepada para pengguna laptop tipe tersebut.
Dalam surel yang diberikan, Apple menjelaskan bahwa sejumlah MBP 2017 non Touch Bar dengan SSD 128GB atau 256GB memiliki masalah yang dapat menyebabkan data hilang dan kerusakan di kapasitas penyimpanan.
Apple juga menuliskan Serial Number dari komputer Mac yang kamu beli dalam surelnya. Perbaikan atau servis yang diberikan untuk “SSD Service Program” ini diberikan secara gratis oleh Apple.
Pengguna diharapkan untuk mencadangkan data terlebih dahulu sebelum mengajukan servis ke Apple Store atau Apple Authorized yang mendukung.
Dikutip dari laman “SSD Service Program”, prosesnya adalah sebagai berikut:
- Teknisi Apple akan menjalankan program utilitas khusus untuk memperbarui firmware di SSD komputer. Prosesnya berlangsung sekitar satu jam atau bisa lebih cepat.
- Komputer MacBook Pro akan dikembalikan ke pengguna dengan macOS yang sudah diinstal ulang.
- Setelah servis selesai, kamu dapat melakukan proses Restore dari cadangan data yang sudah dibuat sebelumnya.
- Apple Rilis Program Perbaikan Keyboard untuk MacBook dan MacBook Pro
- Logic Board Replacement Program untuk iPhone 8
Catatan terakhir adalah semua dokumen yang sudah rusak sebelum mendapatkan servis, tidak dapat dikembalikan.
Layanan “SSD Service Program” ini berlaku hingga 3 tahun setelah penjualan unit pertama.
Proses klaim dapat kamu lakukan di beragam Apple Store di dunia, Apple Authorized Service Provider atau hubungi Apple Support untuk mendapatkan panduan lebih lengkap.
Pengguna cukup membawa unit MacBook Pro saja tanpa perlu melampirkan dokumen bukti pembelian atau hal lainnya.