Follow Us

Hasil Audit Super Micro Tidak Temukan Chip Mata-Mata di Komputer

Bagus Hernawan - Rabu, 12 Desember 2018 | 13:30
Komputer server. Image by Pexels
https://www.pexels.com/photo/green-and-beige-cord-1624895/

Komputer server. Image by Pexels

Bloomberg beberapa waktu lalu merilis berita bahwa server dari Super Micro telah disusupi chip mata-mata untuk ditempatkan di Apple, Amazon, Google dan banyak perusahaan besar Amerika Serikat.

Hal ini membuat Apple langsung membantah hal tersebut dan Super Micro langsung melakukan audit bersama pihak ketiga.

Minggu ini hasil audit dari Super Micro telah dirilis. Dalam catatan yang mereka bagikan, Super Micro menjelaskan tidak ada perangkat keras yang disusupkan ke motherboard buatan mereka.

Today, we want to share with you the results of this testing. After thorough examination and a range of functional tests, the investigators firm bound absolutely no evidence of malicious hardware on our motherboards.

Baca Juga:

Sebelumnya beberapa pihak keamanan yang ada di Amerika juga telah menyangkal berita yang dibagikan oleh Bloomberg.

Mulai dari The Department of Homeland Security, badan intelejen di Amerika Serikat dan FBI juga telah meragukan akurasi dari berita yang dibagikan Bloomberg.

Bagi kamu yang belum membaca beritanya, Bloomberg telah membuat laporan tentang chip mata-mata di motherboard buatan Super Micro.

Perangkat keras yang digunakan untuk server Apple, Google, Amazon dan banyak bank Amerika Serikat ini dikabarkan punya chip mata-mata untuk mengirim data ke pemerintah Tiongkok. Kabarnya langkah ini dilakukan Tiongkok untuk mengetahui beragam informasi rahasia yang dilakukan oleh Amerika Serikat.

Editor : Bagus Hernawan

Latest