Follow Us

Apple Music Hapus Fitur Connect, Sepi Peminat?

Bagus Hernawan - Jumat, 14 Desember 2018 | 09:30
Apple Music. Image by Apple
https://support.apple.com/music/using-apple-music

Apple Music. Image by Apple

Sejak dikenalkan pada tahun 2015, Apple Music punya 3 fitur utama yang dapat digunakan oleh pelanggan. Yaitu putar atau unduh konten musik, Beats Radio dan Connect untuk melihat catatan terbaru dari musisi idola kamu.

Namun kabarnya Apple ingin menutup fitur Apple Music Connect dan membagikan catatan ini untuk para musisi. Catatan serupa juga diberikan pada laman Apple Support berikut ini.

Dikutip dari 9To5Mac, para musisi tidak dapat lagi membagikan konten di Connect mulai 13 Desember 2018. Nantinya konten dari Connect juga resmi menghilang atau tidak dapat dicari setelah pertengahan Maret 2019.

Today we’re streamlining music discovery by removing Connect posts from Artist Pages and For You. This means you’ll no longer be able to post to Connect as of December 13, 2018, but all previously uploaded content will still be searchable until May 24, 2019. You can still create Artist Playlists with the latest version of Apple Music.

Baca Juga: Apple Tawarkan Diskon Pembelian HomePod untuk Pelanggan Apple Music

Selain menghapus Connect, Apple ternyata punya pengumuman lain yang juga diberikan pada email tersebut.Yaitu tampilan baru untuk halaman Artist Pages dan juga mode baru bernama personalisasi Artist Radio.

Kegagalan Apple Music Connect sebetulnya bukan yang pertama kalinya untuk Apple. Karena sebelumnya pernah ada fitur bergaya sosial media serupa di iTunes yang bernama iTunes Ping.

Kembali ke Connect, pada rilis awal memang fitur ini terlihat digunakan sangat genjar oleh para musisi.

Namun dalam setahun belakangan, saya mengamati bahwa penggunaan Connect sudah semakin sedikit dan mungkin para musisi lebih nyaman untuk berbagi konten eksklusif mereka dengan cara lain.

Apakah Apple akan menggantikan Connect dengan fitur lain untuk hadir di Apple Music? Kita tunggu saja ya, karena biasanya pengumuman fitur baru Apple Music akan bersamaan dengan update iOS terbaru.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest