Follow Us

Menengok Kegagalan Apple dalam Bidang Manufaktur di Amerika Serikat

Bagus Hernawan - Senin, 17 Desember 2018 | 16:00
Apple Cupertino 1980
https://www.nytimes.com/2018/12/15/business/apple-california-manufacturing-history.html

Apple Cupertino 1980

Designed by Apple in California. Assembled in China", adalah kata pertama yang mungkin kamu temukan di kemasan produk Apple baik iPhone, Mac atau Apple Watch misalnya.

Ya, Apple memang melakukan proses manufaktur atau perakitan produknya di Tiongkok. Namun jauh sebelum itu, produk Apple dirakit langsung di Amerika Serikat dan hasilnya sungguh kacau.

Hal ini disampaikan oleh Jean-Louis Gassée kepada NY Times dalam wawancaranya. Gassée dulunya bekerja di pabrik Apple yang terletak di Fremont, California sejak tahun 1988.

Menurut Gassée, mencoba untuk membuat pabrik manufaktur Apple di Amerika Serikat adalah salah satu kegagalan Steve Jobs.

Pendiri Apple ini sungguh terobsesi dengan budaya manufaktur di Jepang. Namun sayangnya tenaga kerja dan kultur tersebut tidak cocok untuk dibawa ke Amerika Serikat.

“The Japanese were heralded as wizards of manufacturing. The idea was to create a factory with just-in-time delivery of zero-defect parts. It wasn’t great for business.”

Baca Juga: Apple Pindah Produksi iPhone ke Pegatron Demi Terhindar Larangan Qualcomm

Gassée bercerita bahwa di pabrik tersebut dia pernah mengerjakan tugas untuk merakit layar dan bezel komputer dengan obeng. Sore harinya saat akan pulang, dia harus menyapu lantai dan mengambil semua suku cadang yang gagal dipasang untuk dibersihkan.

Akhirnya pabrik komputer Mac ini tutup pada tahun 1992. Alasannya apalagi jika bukan volume produksi yang jauh dari bayangan Steve Jobs dan angka penjualan rendah.

“We don’t have a manufacturing culture,” Mr. Gassée said of the nation’s high-technology heartland, “meaning the substrate, the schooling, the apprentices, the subcontractors.”

Sayangnya Steve Jobs belum belajar dari kegagalan tersebut.

Pria ambisius ini kembali membuat pabrik manufaktur baru untuk perusahaan barunya, Next .Inc di tahun 1990.

Editor : Bagus Hernawan

Latest