Follow Us

Kenapa Tidak Ada Dark Mode di iOS?

Bagus Hernawan - Jumat, 11 Januari 2019 | 16:15
Kenapa Tidak Ada Dark Mode di iOS?

Tahun ini perangkat iPhone sudah berumur 12 tahun. Banyak perubahan yang diberikan oleh Apple untuk sistem operasi yang digunakan yaitu iOS.

Namun ada sebuah fitur yang sudah cukup lama ditanyakan oleh para Apple Fanboy mengenai kehadirannya di iOS. Yaitu tampilan Dark Mode alias mode gelap.

Kenapa Tidak Ada Dark Mode di iOS?

Dalam artikel ini tim MakeMac akan berbagi opini mengenai alasan Apple tidak menghadirkan fitur Dark Mode hingga iOS 12 atau mungkin untuk iOS berikutnya juga begitu. Simak langsung ya!

1. iOS Tidak Mengenal Kutomisasi Tema atau Tampilan

Jailbreak dan kustomisasi tema di iPhone

Jailbreak dan kustomisasi tema di iPhone

Tidak seperti sistem operasi Android yang bisa dengan mudah melakukan kustomisasi tampilan. Apple sangat ketat dalam hal tampilan atau sistem operasi di iOS.

Kamu tidak bisa “menyentuh” bagian kernel dari iOS dan mengubah tampilan sesuka hati. Hal ini berhubungan dengan standar keamanan yang sudah dibuat, paten dan beragam hal lainnya.

Jika ingin mengubah tampilan iOS secara “brutal” atau sesuai yang kamu perlukan, pengguna harus melakukan Jailbreak dan selamat melakukan kustomisasi tampilan.

2. Dark Mode Bikin Pengembang Aplikasi Kewalahan

Spotify for iOS

Spotify for iOS

Jika tampilan di iOS mendukung Dark Mode, itu artinya Apple harus menciptakan 2 tampilan di setiap aplikasi bawaan mereka. Pertama di mode normal (Light Mode) dan kedua di Dark Mode.

Hal yang sama berarti juga harus dilakukan oleh para pengembang aplikasi pihak ketiga. Iya donk, akan menjadi aneh misalkan ketika kamu menggunakan Dark Mode iOS dan membuka aplikasi Facebook, tampilannya masih tetap terang benderang.

Hal tersebut pasti akan menyulitkan pengembang aplikasi karena harus bekerja dua kali lebih banyak di bagian tampilan. Belum lagi ukuran aplikasi yang mungkin saja membengkak, karena harus menyimpan gambar dan kode program pendukung lebih banyak.

Baca Juga: Berhenti Menggunakan AssistiveTouch Sekarang Juga

Editor : MakeMac

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

MakeMac Play

Latest

Popular

Tag Popular