Makemac - Layanan iTunes Store dan App Store punya banyak sekali konten yang dapat kamu unduh atau beli.
Mungkin suatu waktu kamu pernah menemukan kendala dari konten yang dibeli seperti tidak dapat digunakan atau lainnya, sehingga ingin mengajukan proses Refund.
Cara Refund di iTunes Store dan App Store
Dalam artikel ini tim MakeMac akan berbagi prosedur melakukan laporan kendala dan proses Refund di App Store.Semuanya dapat kamu lakukan dengan langkah yang sangat mudah. Simak langsung ya!
Refund dari Website Apple
- Masuk ke laman Apple Report Problem.
- Login dengan Apple ID yang kamu gunakan.
- Masuk ke tab Purchases, setelah itu akses tab yang kamu perlukan untuk refund. Kamu juga bisa menggunakan fitur Search di kanan atas.
- Tekan tombol Report a Problem di bagian kanan.
- Pilih jenis masalah yang kamu alami. Ada 6 pilihan yaitu tidak mengizinkan pembelian konten, tidak bermaksud untuk melakukan pembelian konten, bermaksud untuk membeli konten lain, tidak menerima atau tidak menemukan konten yang dibeli (in-app purchases misalnya), In-App Purchases tidak dapat diinstal atau diunduh, aplikasi tidak dapat diunduh atau tidak dapat digunakan seperti seharusnya.
- Lanjutkan dengan memberikan penjelasan yang diperlukan di bagian deskripsi. Biasanya saya juga akan menjelaskan jika ingin mendapatkan proses Refund atau pengembalian dana jika diperlukan.
- Terakhir tinggal tekan tombol Submit di bagian kanan.
Jika disetujui, proses Refund biasanya akan berlangsung sekitar 3 hari kerja atau lebih. Pengembalian dana bisa dibuat dalam bentuk saldo iTunes atau tergantung kebijakan Apple serta cara pembelian konten tersebut.
Baca Juga: Cara Download Aplikasi Lebih dari 150MB di App Store dengan Cellular Data
Refund dari Bukti Pembelian di e-mail
- Buka email bukti pembelian yang dikirimkan oleh Apple dari sebuah transaksi yang ingin kamu laporkan.
- Tekan teks Report a Problem seperti pada gambar di bawah ini.
- Tampilan akan masuk ke laman Apple Report Problem. Silakan masuk dengan akun Apple ID yang kamu gunakan.
- Tekan bagian Choose a Problem dan pilih kendala yang kamu temukan.
- Lengkapi dengan deskripsi dari kendala yang kamu temukan di bagian bawah.
- Tekan tombol Submit dan tunggu konfirmasi dari Apple Support dalam beberapa hari.