Follow Us

Beberapa Aplikasi Popular Gunakan Fitur Rekam Layar Pengguna untuk Data Analitik

Bagus Hernawan - Kamis, 07 Februari 2019 | 14:10
Beberapa Aplikasi Popular Gunakan Fitur Rekam Layar Pengguna untuk Data Analitik

Sejumlah aplikasi popular di App Store kabarnya telah menggunakan layanan analitik yang dapat merekam beragam aktivitas pengguna di dalam aplikasinya.

Aktivitas yang direkam meliputi bagian yang ditekan, swipe, atau bahkan merekam aktivitas di layar (screen recording) tanpa diketahui oleh pengguna.

Tujuannya adalah mendapatkan data analitik untuk kepentingan riset atau pengembangan aplikasi mereka.

Dikutip dari TechCrunch, layanan analitik yang digunakan bernama Glassbox. Lengkapnya teknologi tersebut bernama Session Replay.

Sedangkan beberapa nama aplikasinya adalah Abercrombie & Fitch, Hotels.com, Air Canada, Hollister, Expedia dan Singapore Airlines.

Session Replay memungkinkan pengembang aplikasi untuk dapat merekam aktivitas pengguna di dalam aplikasinya. Selain merekam, mereka dapat mengunduh dan memutar ulang dari rekaman yang dilakukan.

Baca Juga: Aplikasi Sarahah Diam-Diam Curi Data Kontak Pengguna

Laman sumber berita juga menyebutkan aplikasi Air Canada tidak menutupi bagian tertentu, bisa melihat data privasi pengguna dalam rekaman aktivitas layar.

Misalkan nomor passport pengguna, nama lengkap atau bahkan informasi kartu kredit.

Karyawan Air Canada yang memiliki akses ke database hasil screen recording ini dapat dengan mudah melihat semua data tadi.

The App Analyst, layanan analitik data lain menyebutkan bahwa tidak semua aplikasi yang bekerjasama dengan GlassBox menggunakan fitur screen recording.

Meskipun menggunakan screen recording, ada beberapa aplikasi yang tetap menjaga privasi pengguna dengna menutup tampilannya di bagian privasi.

Namun masih ada aplikasi yang tidak menggunakan prosedur ini sehingga data seperti alamat email dan kode pos tetap terlihat.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular