Follow Us

FireMonkeys Merumahkan Banyak Karyawan, Proyek ‘Real Racing 4’ Terancam Batal

Alexius Aditya - Selasa, 26 Februari 2019 | 11:35
Real Racing 3

Real Racing 3

Sekitar 6 tahun yang lalu, dua studio pengembang milik EA yang berasal dari Australia, Firemint dan IronMonkey, bergabung menjadi satu.

Pada saat itu, Firemint adalah pengembang dibalik suksesnya seri Real Racing. Sedangkan IronMonkey adalah pengembang yang telah menghadirkan game aksi kombat yang keren, seperti Mass Effect Infiltrator dan Dead Space.

Minggu lalu, seperti dikabarkan oleh Kotaku, EA nampaknya mengambil langkah yang tidak terduga. Mereka telah merumahkan banyak karyawannya atas alasan bahwa studio “entered a consultation period” untuk mengganti fokus perusahaan “more on our live services”.

Baca Juga:

Padahal, Firemonkeys adalah salah satu pengembang terbesar di Australia yang masih terfokus pada pengembangan game untuk ponsel. Firemonkeys juga yang bertanggung-jawab atas game Real Racing 3 dan Need for Speed: No Limits.

Bahkan, saat ini, mereka dikabarkan tengah mengembangkan Real Racing 4, yang nampaknya akan terancam batal mengingat adanya kejadian yang kurang beruntung ini.

Sekitar 40–50 orang terkena dampak langsung dari pemecatan tersebut, membuat perusahaan yang awalnya berjumlah 200 orang harus merubah organisasi di dalam perusahaan. Hal ini secara langsung menimbulkan efek besar bagi manajemen dibawahnya, termasuk tim yang mengerjakan The Sims Mobile.

Kotaku juga melaporkan bahwa setelah berhasil mewawancarai salah satu karyawan—yang tidak bisa disebutkan namanya—yang masih bekerja disana mengatakan, bahwa situasi di kantor nampak suram. Mereka khawatir bahwa pada akhirnya, EA akan menghapus studio pengembang tersebut secara menyeluruh.

Pernyataan ini kemudian dibantah oleh perwakilan langsung dari EA yang menjelaskan kepada Kotaku, bahwa studio tersebut akan tetap beroperasi dan meneruskan pekerjaan pengembangan game populer milik EA, Real Racing 4.

Real Racing 3 has a thriving community, and the studio continues to deliver new content to the game. Firemonkeys also works on Need for Speed: No Limits and The Sims FreePlay, one of EA’s most successful mobile titles. We’re not going to get into our future product plans, but the Firemonkeys team is continuing to take on new challenges for us and our mobile players.

Menyedihkan rasanya mendengar kabar buruk lagi-lagi menghampiri dunia game. Semoga, karyawan yang terkena dampak dari kejadian ini bisa mendapatkan kesempatan yang lebih baik untuk ke depannya.

Download Real Racing 3

Editor : Bagus Hernawan

Latest