Follow Us

Trik Apple Kuasai Pasar Saham: Beri $363 Miliar pada Investor

Nicolaus Prama - Senin, 13 Mei 2019 | 18:30
Saham Apple (AAPL)
themacobserver.com

Saham Apple (AAPL)

Seperti diketahui, Apple merupakan satu dari beberapa perusahaan teknologi selain Amazon dan Google yang memiliki nilai valuasi besar.

Tingginya nilai kapitalisasi ini ditunjukkan pada harga saham per lembar Apple dengan jumlah saham yang dimiliki.

Kini, Apple adalah perusahaan teknologi pertama yang memiliki nilai valuasi hingga $1 Triliun di antara para pesaingnya, Facebook, Amazon, Alphabet (Google), hingga Microsoft.

Baca Juga : Penjualan Apple Menurun 30%, Belum Sanggup Kalahkan Samsung dan Huawei

Nilai valuasi ini diraih pada tahun 2018 silam.

Saham Apple, (AAPL) sempat nyaris mati dan hilang dari Bursa Efek Amerika Serikat pada tahun 1997 sebelum akhirnya diselamatkan dengan kedatangan Steve Jobs.

Kini, meski laporan keuangan Apple menunjukkan beberapa kesulitan, mengapa kondisi keuangan Apple masih bertahan?

Mengutip Business Insider Singapore, trik yang dilakukan oleh Apple adalah dengan membagikan deviden pada para investornya.

Sejak tahun 2015 hingga kini, Apple sudah menggelontorkan dana hingga $363 miliar hanya untuk membeli kembali sahamnya, atau dengan melakukan pembagian deviden pada para investornya.

Tahun ini saja, Apple sudah mengeluarkan $75 miliar untuk menjalankan program buyback dan pembagian deviden pada para investor.

Dengan trik tersebut, maka investor Apple tetap berada di perusahaan meski laporan penjualan iPhone terus menunjukkan penurunan.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest