Apple sedang siapkan sistem baru pada browser Safari untuk cegah tracking iklan dan membuat browser menjadi lebih rahasia.
Diumumkan melalui blog Webkit, sistem ini tidak akan menghentikan iklan yang tayang setiap menggunakan browser, tetapi akan mencegah analisis profile pengguna.
Sistem ini bernama “Privacy Preserving Ad Click Attribution” dan akan membuat tim marketing mampu menilai sebuah iklan sukses atau tidak tanpa melakukan tracking aktivitas pengguna.
Baca Juga: Panduan Lengkap Menggunakan Fitur Pin Tab di Safari for Mac
Sistem ini akan bekerja menampung data setiap kali pengguna berbelanja atau mencari sebuah barang.
Begini skemanya:
Saat pengguna mencari barang atau berbelanja, maka akan terdapat sebuah iklan baik terkait barang yang dicari atau tidak.
Saat pengguna melakukan transaksi dan mendapatkan barang yang dicari, maka iklan tersebut akan memiliki beberapa data.
Dua data utama tersebut adalah cookies dan “Tracking Pixels”, pada Tracking Pixel tim marketing mampu membentuk profile pengguna berdasarkan data pencarian atau transaksi di sebuah website.
Hal inilah yang kemudian coba dihilangkan melalui sistem baru Safari.