Follow Us

(Rumor) Seri iPhone Tanpa Notch Akan Segera Dirilis Tahun 2020

Wahyu Prihastomo - Kamis, 11 Juli 2019 | 09:01
iPhone XR dan iPhone 8 Plus

iPhone XR dan iPhone 8 Plus

Belum selesai dengan rumor iPhone 11, kini dunia maya sudah ramai dengan rumor rilisnya satu seri iPhone yang hadir tanpa notch.

Rumor ini pertama kali disampaikan oleh analis terpercaya, Ming-Chi Kuo, yang mengatakan kalau Apple kemungkinan akan merilis sebuah seri baru iPhone dengan ukuran kamera depan yang lebih kecil.

Secara spesifik, Kuo mengatakan kalau seri ini akan memiliki notch yang sangat tipis. Bahkan ada kemungkinan akan menggunakan bezel super tipis sebagai tempat singgah si kamera depan.

Baca Juga: JP Morgan Prediksi 4 Model iPhone pada 2020 Menggunakan Layar OLED

Langkah ini dilakukan Apple untuk memaksimalkan rasio screen-to-bezel sehingga pengguna tidak akan lagi terganggu dengan adanya notch.

Kuo memprediksi kalau model ini setidaknya akan diperkenalkan pada tahun 2020 nanti.

Bukan cuma Kuo. China Times - berdasarkan analis dari Credit Suisse Asia - juga sempat mengabarkan kalau Apple akan menghilangkan sisi notch atau Face ID pada tahun 2020.

Sebagai gantinya, Apple akan menggunakan teknologi under-screen front camera. Selain itu, model ini juga akan dilengkapi teknologi layar full screen fingerprint authentication, artinya fungsi Touch ID bisa digunakan di posisi layar bagian manapun.

Bukan cuma di tahun 2020, analis juga meyakini kalau sampai 2021 nanti setidaknya akan ada 3 model iPhone yang sudah hadri tanpa notch.

Desain layar tanpa notch sendiri sudah makin banyak digunakan oleh berbagai merek lain seperti Asus, Oppo, OnePlus, bahkan Xiaomi.

Baca Juga: Prediksi Tanggal Rilis dan Penjualan iPhone 11 di Tahun 2019

Sebagai gantinya, merek-merek tersebut mengaplikasikan teknologi kamera lain seperti pop-up ataupun flip-up camera.

Bahkan Xiaomi dan Oppo sudah cukup percaya diri dengan memamerkan teknologi under-screen camera buatan mereka.

Jadi, apakah Apple akan mengikuti tren di atas, atau punya cara sendiri? Mari kita tunggu saja.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest