Follow Us

(Rumor) Aksesoris Bluetooth Beacon dari Apple Akan Mendukung ARKit

Bagus Hernawan - Kamis, 29 Agustus 2019 | 10:05
Find My iPhone

Find My iPhone

Dalam gelaran WWDC 2019, Apple telah mengenalkan aplikasi Find My sebagai pengganti Find My iPhone dan Find My Friends sekaligus mengusung teknologi baru.

Aplikasi Find My memungkinkan pengguna iOS 13 dan macOS Catalina untuk mencari perangkat yang hilang dan dalam kondisi offline lewat bantuan perangkat Apple lain di sekitarnya.

Teknologi ini bernama Offline Finding dengan proses di belakang layar yaitu Search Party untuk membagikan data dari bagian Bluetooth ke perangkat Apple lain di sekitarnya.

Tentu saja ada enkripsi ekstra aman dengan mode public key dan private kay dan akan memberikan catatan lokasi pada pemilik perangkat di gadget Apple lain yang dimiliki.

Baca Juga: Fitur Find My Friends Bantu Temukan Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Sebelumnya sempat beredar rumor bahwa Apple akan merilsi aksesoris Bluetooth Beacon dengan teknologi serupa. Dikutip dari MacRumors, catatan mengenai rumor ini kembali beredar.

Hal tersebut terungkap dari kode program di iOS 13. Kabarnya aksesoris ini akan mendukung teknologi ARKit dan punya mode untuk terhubung langsung ke perangkat iOS atau watchOS jika mendadak ada di luar jangkauan.

Also according to code strings found in iOS 13, Apple may apparently allow these beacon devices to be “leashed” to an iOS or watchOS device so that the user would be notified when a beacon device is out of range of an iOS or watchOS device

Baca Juga: Aplikasi Find My Gunakan Kriptografi Canggih, Lacak Produk Apple Saat Offline

Bluetooth Beacon ini dapat ditempelkan atau kamu bawa sebagia gantungan kunci di tas atau aksesoris lain yang sangat penting dan rawan hilang.

Rumornya pengguna bisa melacak aksesoris tersebut saat hilang dengan teknologi Offline Finding dan mendukung Augmented Reality.

Saat ini perusahaan yang sudah membuat aksesoris serupa adalah Tile dengan beragam jenis dan fiturnya yang sangat lengkap.

Kapan Apple akan merilis aksesoris Bluetooth Beacon tersebut? Semoga dalam waktu dekat ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest