Follow Us

Ultah ke-4 iPhone SE Tahun 2020: Apple Rilis iPhone SE 2 atau iPhone 8s?

Adham Somantrie - Rabu, 09 Oktober 2019 | 16:10
Ultah ke-4 iPhone SE Tahun 2020: Apple Rilis iPhone SE 2 atau iPhone 8s?

Awal September 2019 lalu, Apple kembali mengadakan perhelatan akbar tahunannya untuk mengumumkan iPhone generasi terbarunya: iPhone 11.

Memang kemarin tidak hanya iPhone 11, melainkan ada banyak produk baru seperti iPad dan Apple Watch Series 5. Untuk lini iPhone, tampaknya Apple masih menggunakan formasi yang sama dengan tahun 2018, namun dengan penamaan yang sedikit berbeda.

iPhone XR dilanjutkan dengan iPhone 11, mungkin agar tidak diasosiasikan sebagai “iPhone murah” alias “iPhone Xtra (price) Reduction”.

Sementara flagship iPhone XS dilanjutkan dengan iPhone 11 Pro, ya supaya terkesan lebih tinggi dan lebih mahal, pakai embel-embel “Pro”.

Lalu ada lini iPhone 11 Pro Max yang ukuran layarnya maksimal, pun spesifikasinya lebih maksimal. Lalu apa kabar iPhone SE 2 yang ukurannya lebih kecil?

Tampaknya, Apple memang memposisikan iPhone 11 (dan iPhone XR) sebagai lini “murah” mereka. Karena ukurannya lebih besar dari iPhone 11 Pro (dan iPhone XS), mungkin memang Apple tidak punya rencana khusus untuk iPhone dengan layar kecil seperti iPhone SE yang sudah berusia 3 tahun lebih.

Apakah saya dan pengguna iPhone SE lainnya mesti menunggu iPhone SE berulang tahun ke-empat bulan Maret 2020 nanti? Sepertinya tidak.

Kalau Apple memang ingin meluncurkan iPhone dengan ukuran mini, tentunya mereka akan meluncurkan bersamaan dengan iPhone 11 beberapa waktu lalu — mungkin iPhone 11 Mini?

Menariknya, walau sudah sejak tahun lalu Apple menawarkan iPhone baru hanya dengan layar ekstra, Apple masih menawarkan iPhone 8 sebagai lini terbawahnya. iPhone 8 yang diluncurkan 2 tahun lalu, masih pakai “home button”, layarnya belum memenuhi wajah bagian depan, dan tanpa Face ID.

Setelah pengguna setia iPhone SE patah harapan untuk sekuelnya, belakangan muncul rumor bahwa Apple akan kembali meluncurkan (semacam) iPhone SE di kuartal pertama 2020.

iPhone SE diluncurkan pertama kali pada kuartal pertama 2016. Memang waktunya akan tepat 4 tahun setelah iPhone SE. Apakah itu iPhone SE 2 yang dinanti? Atau apakah itu iPhone 8s?

Layar 4 inci

iPhone SE

iPhone SE

Editor : Adham Somantrie

Baca Lainnya

Latest