Sejak awal tahun 2019 dunia perdagangan terasa semakin menantang akibat pecahnya perang dagang antara dua negara besar, Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.
Banyak sektor industri yang menerima dampak langsung dari perang ini. Termasuk industri teknologi komunikasi dan informatika.
Sejumlah merek dagang yang berbasis di dua negara menerima dampak langsung.
Baca Juga: Tim Cook Sebut Sepertiga Pelanggan Apple Store Manfaatkan Sistem Trade-In
Mulai dari pemboikotan sampai hilangnya lisensi atas merek dari perusahaan pesaing.
Salah satu yang sempat menerima pemboikotan adalah Apple.
Di Tiongkok sempat muncul gerakan "Boycott Apple" dari masyarakat sebagai bentuk penolakan terhadap produk Apple.
Tapi nyatanya penjualan produk Apple, terutama iPhone, masih mencatatkan hasil yang positif di Tiongkok.
Keberhasilan Apple ini tidak bisa lepas dari peran sang CEO, Tim Cook.
Baca Juga: Tim Cook Ditunjuk Sebagai Ketua Dewan Penasihat Tsinghua University
Cook dinilai memiliki kehilaian dalam melakukan diplomasi dan negosiasi sehingga mempermudah akses masuk produknya ke negara pesaing.
Salah satu faktor pentingnya adalah kedekatan secara personal antara dirinya dengan Presiden AS Donald Trump.