TikTok, aplikasi media sosial terpopuler saat ini dikenal memiliki fitur membuat video yang cukup keren.
Fitur tersebut menjadi nilai lebih TikTok untuk bersaing dengan media sosial lainnya.
Tak ingin ketinggalan, Instagram ternyata memiliki ide serupa dengan fitur TikTok tersebut.
Baca Juga: TikTok Jadi Aplikasi Terlaris Kuartal Ketiga 2019 di App Store
Instagram hadirkan fitur baru bernama ‘Reels’ yang muncul pada InstaStories.
Instagram Reels akan membuat video berdurasi 15 detik lengkap dengan backsound musik dan dibagikan pada Stories.
Bahkan, sama seperti TikTok, unggahan stories tersebut dapat muncul di ‘Top Reels’ pada bagian Explore.
Pengguna dapat memilih berbagai macam lagu dari katalog yang telah disediakan.
Selain itu, pengguna dapat membuat meme atau joke dengan berbagai variasi.
Fitur ini baru dibagikan pada pengguna Instagram di Brazil dengan nama Cenas.
Berbeda dengan TikTok, Instagram Reels akan membawa fitur Direct Messaging Instagram.
Artinya, pengguna tidak harus menggunggah video yang telah dibuat pada publik.
Baca Juga: App Store Cabut 'Like Patrol', Aplikasi Stalking Followers Instagram
Trik Instagram ini cukup unik, sebab umumnya perusahaan asal Tiongkok yang kerap meniru terobosan perusahaan teknologi Amerika Serikat.
Sebut saja Xiaomi yang kerap meniru produk Apple.
Direktur Managemen Produk Instagram, Robby Stein mengungkapkan belum ada rencana untuk membawa fitur tersebut ke negara lain.
Meski demikian, Instagram akan berikan berbagai terobosan selain Reels.
Instagram juga tengah merancang ‘Scenes’ sebuah fitur yang memungkinkan pengguna melakukan editing video di dalam aplikasi.