Follow Us

MacBook Pro 16 inci Punya Sensor Baru di Engsel Penutup Layar

Bagus Hernawan - Rabu, 20 November 2019 | 13:59
Lid Angle Sensor di MacBook Pro 2019
iFixit

Lid Angle Sensor di MacBook Pro 2019

Laman iFixit telah membagikan proses Teardown MacBook Pro 16 inci secara lengkap.

Namun setelah catatan itu dibagikan, MacRumors menemukan sebuah informasi terbaru terkait hardware di MacBook Pro 16 inci.

Menurut dokumen yang mereka dapatkan, Apple punya sebuah sensor baru di bagian engsel penutup layar MacBook Pro 16 inci.

Informasi ini mereka konfirmasi kepada iFixit dan hasilnya sesuai.

Ada sebuah kabel dan magnet yang menempel pada engsel sebelah kiri komponen layar MacBook Pro 16 inci.

iFixit menyebut bagian ini sebagai Lid Angle Sensor. Kemungkinan besar sensor ini digunakan Apple untuk mengetahui seputar penggunaan layar MacBook Pro.

We have to fully remove the display to investigate, but it turns out there’s a new sensor facing the left-side hinge, and a magnet embedded in the hinge itself. The arrow on the magnet indicates alignment/polarity, which rotates in sync with the display.

Baca Juga: MacBook Pro 16 Inci Mendukung Koneksi 2 Layar Eksternal Resolusi 6K

Prediksinya, Lid Angle Sensor dapat menyimpan data seperti berapa kali layar dibuka dan ditutup, berapa persen kemiringan layar yang sering digunakan pengguna dan lain sebagainya.

Kemungkinan hal ini berhubungan dengan masalah Flexgate yang ramai pada perangkat MacBook Pro Touch Bar tahun 2016.

Laman sumber berita juga menyebutkan bahwa teknisi Apple harus melakukan kalibrasi Lid Angle Sensor setiap selesai melakukan perbaikan komputer. Langkah ini wajib dilakukan untuk membuat sensor ini bisa bekerja dengan maksimal.

Bagi kamu yang belum tahu, Flexgate adalah istilah yang digunakan untuk masalah kabel fleksibel di layar MacBook Pro 2016 yang diduga punya desain terlalu pendek.

Sehingga ketika komputer sudah berumur beberapa tahun dan sering dibuka atua ditutup, kabel ini akan rusak dan membuat tampilan di layar bermasalah.

Kini dengan kehadiran Lid Angle Sensor, mungkin Apple ingin mendapatkan data secara lebih detail, jika suatu saat ada klaim masalah Flexgate di perangkat Mac terbaru.

Baca Juga: Apple Akui Masalah Flexgate di Layar MacBook Pro 2016, Segera Klaim!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest