Follow Us

Kurangi Penyebaran Hoax, WhatsApp Ubah Aturan Batasan Forward Message

Bagus Hernawan - Selasa, 07 April 2020 | 16:53
WhatsApp

WhatsApp

WhatsApp punya aturan baru seputar pembatasan fitur Forward Message.

Aturan baru ini digunakan untuk mencegah penyebaran informasi yang tidak akurat dan informasi yang salah alias hoax di layanan mereka.

Dalam aturan barunya, setiap pesan hasil Forward Message yang kamu terima dan masuk kategori sudah diteruskan ke banyak akun atau lebih dari 5x, hanya akan bisa kamu Forward 1x saja.

Langkah ini digunakan untuk mengurangi kecepatan informasi bergerak di WhatsApp. Terutama ditujukan untuk informasi yang tidak akurat atau berita hoax.

Last year we introduced users to the concept of messages that have been forwarded many times. These messages are labeled with double arrows to indicate they did not originate from a close contact. In effect, these messages are less personal compared to typical messages sent on WhatsApp. We are now introducing a limit so that these messages can only be forwarded to one chat at a time.

Baca Juga: Update WhatsApp: Contact Share Extension iOS 13, Intip WhatsApp Status

Sebelumnya aturan serupa juga sudah dibuat oleh WhatsApp yaitu membatasi pesan yang dapat diteruskan.

Namun kini aturan tersebut kembali diperketat dan diharap dapat mencegah penyebaran berita atau informasi tidak akurat.

Dalam pembatasan sebelumnya, WhatsApp mengklaim bahwa cara tersebut mampu menurunkan hingga 25% penggunaan Forward Message secara global.

Masih dari catatan WhatsApp, mereka menghimbau kamu untuk fokus pada informasi yang akurat saat ingin membagikan kepada pengguna lain.

WhatsApp juga telah bekerja sama dengan organisasi pengecekan fakta di beragam negara dan Coronavirus Information Hub untuk informasi seputar COVID–19.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest