Follow Us

(Rumor) Apple Garap Layanan Search Engine, Bersaing dengan Google?

Bagus Hernawan - Senin, 31 Agustus 2020 | 09:28
(Rumor) Apple Garap Layanan Search Engine, Bersaing dengan Google?
Jon Henshaw

Beberapa pengemang aplikasi iOS punya prediksi bahwa Apple akan merilis layanan Search Engine atau mesin pencari di waktu yang akan datang.

Rumor ini muncul karena sejumlah pengembang aplikasi dan web menemukan teknologi web crawler milik Apple bernama Applebot yang belakangan sangat aktif menyambangi website mereka.

Bahkan beberapa pengembang baru sadar bahwa Apple punya teknologi Applebot yang selama ini seperti tertidur atau sangat jarang tampil di traffic website mereka.

Jon Heshaw dari Coywolf bahkan sampai membagikan catatan khusus untuk temuan ini.

Baca Juga: Google Dilaporkan Membayar $9 M untuk Tetap Menjadi Search Engine Bawaan di iOS

Menurut Jon, Apple bisa saja merilis layanan Search Engine karena beberapa hal.

Contohnya seputar regulasi, hubungan yang kontroversial dengan Google serta fitur-fitur di Siri dan iCloud yang sudah semakin optimal.

Why Apple might be launching a search engine

Regulatory pressure, a contentious relationship with Google, and the maturation of Apple’s Siri and iCloud are presenting an opportunity for Apple to create and launch a search engine. There are several signs right now that indicate Apple may be doing just that.

Baca Juga: 5 Fitur Baru Siri di iOS 14: Tampilan Kompak Hingga Suara Natural

Dikutip dari MacRumors, bahkan tim insinyur dari Stack Overflow juga merasakan hal yang sama mengenai aktivitas Applebot yang meningkat tajam.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest