Follow Us

Bukan USB C, Apple Tetap Gunakan Port Lightning untuk iPhone

Bagus Hernawan - Rabu, 03 Maret 2021 | 16:00
Port Lightning di iPhone
Apple

Port Lightning di iPhone

Apple sudah menggunakan port Lightning sejak iPhone 5 di tahun 2012.

Setelah 9 tahun, port ini masih tetap digunakan pada produk iPhone. Apakah dalam waktu dekat akan beralih ke USB-C?

Dari keterangan analis Ming-Chi Kuo (via MacRumors), Apple tetap menggunakan port Lightning di iPhone 13 atau hingga beberapa tahun lagi.

Menurut analis tersebut, Apple masih akan menggunakan lightning karena standar waterproof yang digunakan lebih baik daripada USB-C.

Selain itu masalah sertifikasi MFi untuk port Lightning menjadi pertimbangan lain di sisi bisnis.

We believe that USB-C is detrimental to the MFi business’s profitability, and its waterproof specification is lower than Lightning and MagSafe.

Baca Juga: iPhone 12 di Perancis Masih Mendapat EarPods Dalam Box, Apa Alasannya?

Dengan menggunakan port lightning yang standarnya dipegang oleh Apple, maka pengembang aksesoris yang ingin menggunakan teknologi ini harus mendaftarkan dan membayar biaya sertifikasi MFi (Made for iPhone).

Standarisasi MFi membuat pengembang aksesoris pihak ketiga bisa menjual produk dengan harga lebih tinggi karena jaminan kualitasnya.

Tentunya bisnis ini jadi angka yang tidak sedikit untuk Apple dan bisa hilang jika beralih ke USB-C yang menjadi standar terbuka dan gratis tanpa lisensi.

Masih dari penjelasan Ming-Chi Kuo, dia juga mengatakan bahwa Apple bisa beralih ke iPhone tanpa konektor (portless) dan sama sekali tidak akan beralih ke USB-C.

Belkin USB-C to Lightning
Belkin

Belkin USB-C to Lightning

Editor : Bagus Hernawan

Latest