Follow Us

Sepakat Dengan Kakao, Spotify Bakal Munculkan Lagu Korea Lagi!

Martinus Aditama - Jumat, 12 Maret 2021 | 16:28
Spotify

Spotify

Perusahaan layanan streaming musik asal Swedia, Spotify dikabarkan telah mencapai kesepakatan kerja dengan Kakao Entertainment Corp.

Kakao Entertainment Corp sendiri merupakan label musik asal Korea Selatan yang memiliki sebagian besar lisensi lagu-lagu bergenre K-Pop.

Tercapainya kesepakatan ini merupakan akhir dari konflik yang sempat terjadi beberapa waktu yang lalu antara dua platform musik tersebut.

Baca Juga: Hapus Sebagian Besar Lagu Korea, Spotify Ditinggal Banyak Penggunanya!

Sebelumnya, konflik ini diawali oleh keinginan Spotify untuk memperbarui perjanjian kerjasama dengan Kakao.

Namun karena satu dan lain hal, kesepakatan urung terjadi dan Spotify memutuskan untuk menghapus sebagian besar lagu korea di katalog musiknya.

Karena hal ini, banyak penggemar K-pop menyerukan kepada orang-orang untuk berhenti menggunaka Spotify dan berganti menggunakan layanan streaming musik lain seperti Apple Music, YouTube Music, Joox, dan lain sebagainya.

Kini, konflik telah mereda seiring dengan terjadinya kesepakatan antara kedua belah pihak tersebut.

Lalu, apa isi perjanjian antara Spotify dan Kakao?

Baca Juga: Spotify Bakal Rilis Fitur Baru, Filter Lagu Favorit Berdasarkan Genre

Poin utama dari perjanjian kedua belah pihak adalah Spotify akan kembali memiliki sebagian penuh lisensi lagu Korea yang dimiliki Kakao.

Selain itu, pengguna Spotify di Korea Selatan kini bisa menggunakan lagi platform tersebut setelah sebelumnya Spotify sempat menarik peredaran dari Korea Selatan.

Source : Variety

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest