Apple sering mengedepankan fitur waterproof iPhone pada iklan komersilnya untuk menarik minat pengguna.
Sayangnya, hal tersebut menjadi masalah ketika beberapa konsumen menganggap bahwa Apple telah menayangkan iklan waterproof iPhone yang menyesatkan.
Melansir dari Gizchina, muncul gelombang kritik dan kemarahan di kalangan konsumen Cina yang disebabkan oleh iklan waterproof iPhone yang dianggap menyesatkan.
Baca Juga: AirTags Mendatang Dilengkapi Fitur Waterproof dan Magnetic Charging
Kritik konsumen dari Cina pada umumnya menyoroti ketidaksesuaian iklan dengan kebijakan Apple yang berlaku.
Contohnya, baru-baru ini Apple mengeluarkan video iklan yang menunjukan seorang pria sedang menelpon ketika hujan lebat mengunakan iPhone 12.
Iklan tersebut menitikberatkan pada poin bahwa konsumen tak perlu merasa khawatir dengan kerusakan perangkat iPhone 12 karena terendam atau terciprat air.
Namun pada kenyataannya, Apple tidak memberikan garansi apapun ketika perangkat iPhone 12 terendam dalam air.
Selain itu, Apple juga memberikan keterangan bahwa fitur waterproof dapat berkurang kemampuannya karena penggunaan sehari-hari.
Kebijakan Apple yang tak memberikan garansi tahan air di iPhone 12 merupakan masalah besar bagi konsumen.
Anggapan masyarakat terkait kesesatan iklan waterproof iPhone datang dari kebijikan klaim garansi Apple.
Harus dikatakan bahwa kurangnya jaminan waterproof di produk smartphone adalah sebuah 'trik' marketing yang hampir dilakukan oleh beberapa vendor smartphone, termasuk Apple.