Apple baru saja merilis layanan yang tidak pernah diduga sebelumnya. Layanan ini bernama Self Service Repair yang bertujuan untuk membantu para pengguna produk Apple untuk dapat memperoleh akses ke suku cadang, alat perbaikan dan panduan perbaikan resmi untuk produk iPhone dan Mac.
Dengan Self Service Repair, pengguna yang merasa lebih nyaman untuk melakukan perbaikan produk Apple secara pribadi dapat melakukan hal tersebut dengan dukungan Apple secara penuh.
Program Self Service Repair akan dimulai untuk perangkat iPhone 12 dan iPhone 13 series. Berikutnya akan disusul untuk komputer Mac dengan CPU M1.
Fase awal program akan fokus pada komponen yang paling sering diservis, seperti layar iPhone, baterai dan kamera. Dukungan suku cadang untuk perbaikan tambahan atau lainnya akan tersedia akhir tahun depan.
Layanan ini akan dibuka untuk pengguna umum di Amerika Serikat mulai awal tahun depan dan diperluas ke negara lain di masa berikutnya.
Sebelumnya suku cadang resmi Apple, peralatan untuk perbaikan dan panduan resmi hanya dapat diperoleh oleh teknisi di Apple Store, Apple Authorized Service Providers (AASP) atau Independent Repair Provider yang tersebar di dunia.
Apple today announced Self Service Repair, which will allow customers who are comfortable with completing their own repairs access to Apple genuine parts and tools. Available first for the iPhone 12 and iPhone 13 lineups, and soon to be followed by Mac computers featuring M1 chips, Self Service Repair will be available early next year in the US and expand to additional countries throughout 2022. Customers join more than 5,000 Apple Authorized Service Providers (AASPs) and 2,800 Independent Repair Providers who have access to these parts, tools, and manuals.Baca Juga: MacBook Pro 2021 Lebih Gampang Diperbaiki daripada Generasi Sebelumnya
Penjelasan Lengkap Self Service Repair
Dikutip dari laman Apple Newsroom, langkah yang nantinya dapat dilakukan oleh pelanggan untuk dapat menggunakan program perbaikan mandiri produk Apple cukup mudah.Pertama, pelanggan harus melakukan pemesanan lewat Apple Self Service Repair Online Store. Kamu akan mendapatkan Repair Manual atau panduan perbaikan, alat dan juga suku cadang yang diperlukan.
Bahkan Apple juga menjelaskan bahwa suku cadang bekas yang sudah diganti dapat dikembalikan lagi, untuk didaur ulang dan pelanggan bisa mendapatkan diskon.
To ensure a customer can safely perform a repair, it’s important they first review the Repair Manual. Then a customer will place an order for the Apple genuine parts and tools using the Apple Self Service Repair Online Store. Following the repair, customers who return their used part for recycling will receive credit toward their purchase.Layanan Apple Self Service Repair Online Store ini akan menawarkan lebih dari 200 suku cadang dan alat, memungkinkan pelanggan untuk menyelesaikan perbaikan paling umum pada iPhone 12 dan iPhone 13.
Namun Apple juga menjelaskan bahwa program Self Service Repair ditujukan untuk teknisi individu dengan pengetahuan dan pengalaman untuk memperbaiki perangkat elektronik.
Bagi kamu yang tidak berpengalaman atau kurang nyaman untuk memperbaiki perangkat produk Apple secara pribadi dengan program Apple Self Service Repair, layanan yang sebelumnya sudah tersedia tetap dapat digunakan.
Seperti perbaikan di Apple Store, Apple Authorized Service Provider (AASP) atau teknisi dengan sertifikasi ahli dari Apple yang menggunakan suku cadang asli Apple adalah cara paling aman dan paling andal untuk mendapatkan perbaikan
Appe juga menjelaskan bahwa dengan merancang produk untuk daya tahan, umur panjang, dan peningkatan kemampuan perbaikan, pelanggan dapat menikmati produk tahan lama yang tetap nyaman digunakan selama bertahun-tahun.
Apple juga selama ini dikenal selalu memberikan pembaruan perangkat lunak selama bertahun-tahun untuk memperkenalkan fitur dan fungsionalitas baru.