Follow Us

Google Dilaporkan Bayar Apple untuk Jadi Mesin Pencari Default di Safari

Gama Prabowo - Jumat, 07 Januari 2022 | 08:29
Apple dan Google

Apple dan Google

Apple dan Google tengah menghadapi gugatan perwakilan kelompok (Class Action Lawsuit) terkait ekosistem bisnis monolistik yang mereka jalankan.

Gugatan perwakilan kelompok menuduh Google dan Apple saling bekerja sama untuk melakukan monopoli di bisnis search engine (mesin pencari).

Melansir dari Macrumors, Apple digugat karena dianggap memiliki kesepakatan dengan Google bahwa mereka tak akan mengembangkan mesin pencarinya sendiri.

Google digugat karena dianggap telah membayar Apple untuk menggunakan Google Search sebagai mesin pencari default di Safari.

Gugatan tersebut menyebutkan Google dan Apple telah melanggar undang-undang anti-monopoli yang diterapkan pemerintah Amerika Serikat.

Gugatan perwakilan kelompok ditujukan kepada CEO Apple Tim Cook dan CEO Google Sundar Pichai.

Melansir dari Macrumors, Tim Cook dan Sundar Pichai dituduh telah berpartisipasi dalam sebuah "pertemuan rahasia" untuk berbagi keuntungan di bisnis search engine di platform iOS, iPadOS, dan macOS.

Pihak menggugat menyebutkan bahwa perjanjian Apple dan Google menyepakati nominal uang yang besar untuk menjalankan bisnis monopolistik.

Tak tanggung-tanggung, Google dituduh telah membayar miliaran dollar kepada Apple untuk menjadikan Google Search sebagai mesin pencari default di Safari.

Baca Juga: Background Google Meet iOS Makin Canggih, Bisa Ubah Latar Cuaca Loh!

Gugatan terhadap Apple dan Google juga menyebutkan bahwa kedua raksasa teknologi tersebut telah menjalankan bisnis curang.

Google dan Apple dituduh menekan pesaing kecil dan memperoleh pesaing potensional.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest