Follow Us

Cara Mudah Edit Video Auto Caption Bahasa Indonesia di iPhone

Bagus Hernawan - Jumat, 23 Juni 2023 | 10:55
Edit video Auto Caption di iPhone
makemac

Edit video Auto Caption di iPhone

Makemac - Apakah kamu hobi editing video? Mungkin sebuah video liburan atau acara kumpul bersama keluarga?

Dalam video yang banyak menggunakan percakapan, konten tersebut akan menjadi lebih menarik jika dilengkapi caption atau subtitle agar percakapan dapat dibaca dengan lebih jelas.

Namun akan sangat merepotkan jika kamu harus membuat caption atau subtitle dari sebuah video kamu secara manual setiap ada obrolan yang sedang dilakukan.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan membagikan cara edit video untuk membuat caption otomatis menggunakan Bahasa Indonesia di iPhone. Penasaran? Yuk langsung cobain!

Edit Video Auto Caption Bahasa Indonesia

Untuk melakukan edit video auto caption Bahasa Indonesia, kamu perlu instal aplikasi CapCut.

CapCut dapat diunduh secara gratis dan mendukung mulai dari iOS 11 dan iPadOS 11 atau yang lebih baru.

Berikut ini proses edit auto caption Bahasa Indonesia di CapCut.

  1. Download dan instal CapCut di iPhone.
  2. Buka aplikasi CapCut, pilih video dari galeri iPhone kamu yang menggunakan percakapan dan suaranya cukup jelas.
  3. Pada tampilan seperti gambar di bawah, tekan fitur edit Text.
    Edit Auto Caption Bahasa Indonesia di CapCut
    MakeMac

    Edit Auto Caption Bahasa Indonesia di CapCut

  4. Lanjutkan dengan masuk ke Auto Caption. Kamu bisa membuat auto caption dengan audio bawaan dari video, VoiceOver atau keduanya. Dalam tutorial ini saya memilih audio dari video bawaan. Pada bagian pilih bahasa pilih Indonesia. Tekan Continue untuk melanjutkan proses.
  5. CapCut akan menjalankan proses auto caption dengan informasi di bagian atas layar. Jika sudah selesai silakan cek timeline video kamu, akan ada layer baru berwarna coklat untuk bagian auto caption.
Sebagai tambahan, fitur Auto Caption bisa saja kurang tepat dalam membaca audio dan membuatnya jadi teks. Kamu bisa mengubah atau edit beberapa bagian yang dirasa kurang tepat dengan mudah.

Baca Juga: Mengenal Fitur Baru iOS 15: Portrait Video Effects dan Mic Mode

Merapikan Auto Caption di CapCut
makemac

Merapikan Auto Caption di CapCut

Caranya masuk ke mode edit Teks, lalu tekan bagian yang ingin kamu perbaiki. Setelah itu tekan 2x pada bagian teks yang sama untuk masuk ke mode edit. Cara lain yang dapat digunakan adalah pilih fitur Batch Edit.

Setelah semua teks dirasa sudah sesuai, kamu bisa melakukan mode edit caption lainnya. Seperti mengganti jenis dan ukuran font, efek dan lain sebagainya dari bagian Style.

Kamu juga bisa meletakkan caption di bagian tengah atau atas video jika diperlukan. Cukup drag and drop saja bagian teks yang diperlukan ke posisi baru.

Setelah selesai edit caption dan mungkin lainnya yang kamu perlukan, tekan tombol Export di kanan atas layar dan hasil video akan tersimpan di Photos.

Download CapCut

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest