Follow Us

Berpusat di Ukraina, Pengembang CleanMyMac Pastikan Layanan Aman

Bagus Hernawan - Jumat, 25 Februari 2022 | 08:32
Berpusat di Ukraina, Pengembang CleanMyMac Pastikan Layanan Aman

Rusia telah melancarkan serangan militer kepada Ukraina sejak 24 Februari 2022 kemarin.

Tim pengembang MacPaw yang berkantor pusat di Kyiv, Ukraina, membagikan catatan terbaru seputar operasional mereka terkait dengan kondisi darurat pada negara tersebut.

Oleksandr Kosovan selaku CEO MacPaw yang terkenal dengan aplikasi CleanMyMac, Gemini, layanan berlangganan Setapp dan beragam lainnya ini menyatakan bahwa layanan mereka dipastikan tetap aman.

Semua data serta infrastruktur digital mereka telah disimpan di layanan Amazon Web Services yang berada di luar Ukraina.

Sedangkan rekanan layanan pembayaran selama ini menggunakan Paddle, beroperasi di negara Inggris.

MacPaw was founded and operated primarily in Kyiv, Ukraine. For us, the security of our team members is paramount. We’ve prepared various assistance programs and launched an emergency plan to ensure the safety of our peers based in Ukraine.

Although our office is located in Kyiv, the capital of Ukraine, we securely host all of our infrastructure and user data on Amazon Web Services. The cloud service server’s physical location is outside Ukraine.

Baca Juga: Tim Pengembang MacPaw Akuisisi Aplikasi The Unarchiver

Tim MacPaw juga menjamin data pembayaran dan layanan mereka tetap aman sesuai standar privasi yang dibuat.

Sedangkan untuk para karyawan, CEO MacPaw memastikan bahwa keselamatan mereka adalah hal paling penting. Oleksandr Kosovan mengatakan, “Kami telah menyiapkan berbagai program bantuan dan meluncurkan rencana darurat untuk memastikan keamanan rekan-rekan kami yang berbasis di Ukraina”.

Selain dikenal sebagai pengembang aplikasi untuk produk Apple, MacPaw juga dikenal punya Apple Museum yang berada di kantor mereka.

Koleksi komputer Mac lawas mulai dari Macintosh 128K dengan tanda tangan Steve Wozniak hingga The 20th Anniversary Mac yang langka serta masih banyak lainnya, terpajang lengkap di Kyiv.

Editor : MakeMac

Latest