Follow Us

(Video) Iklan Baru Apple Parodikan Lelang Data Pengguna dan Email

Bagus Hernawan - Kamis, 19 Mei 2022 | 10:48
Iklan Data Auction by Apple
Apple

Iklan Data Auction by Apple

Apple sering membagikan video iklan di kanal YouTube Apple untuk promosikan produk atau fitur baru dari produknya.

Kali ini fitur yang dipromosikan adalah seputar privasi data pengguna yaitu App Tracking Transparency dan Mail Privacy Protection.

Kedua fitur ini hadir sebagai pengaturan baru di iOS 15 yang dapat membantu pengguna secara transparan mengetahui bahwa aplikasi pihak ketiga dapat mengumpulkan data pribadi pengguna, dan menentukan apakah akan memberikan aksesnya atau tidak.

Dalam video iklan terbaru berjudul Privacy on iPhone, suasana yang dihadirkan adalah sebuah ruangan lelang seperti yang sering kamu lihat di acara televisi.

Baca Juga: Riset Sebut Fitur App Tracking Transparency Masih Bisa Dibobol

Seorang pengguna dengan nama Ellie, datanya menjadi barang yang akan dilelang dalam video iklan tersebut.

Beragam data milik Ellie yang diparodikan masuk dalam lelang untuk diambil oleh para layanan penyedia iklan adalah email yang dibuka dan dibaca, daftar belanjaan obat, lokasi pengguna, bahkan hingga data kontak, pesan, transaksi online dan browsing history serta beragam lainnya.

Dalam video iklan ini digambarkan bahwa suasana lelang langsung berubah menjadi kosong ketika Ellie mengaktifkan fitur Privacy dari Apple pada perangkat iPhone yang digunakan. Yaitu fitur App Tracking Transparency dan Mail Privacy Protection.

iPhone has privacy features like App Tracking Transparency and Mail Privacy Protection that help you control who sees your data and who doesn’t.

Baca Juga: Iklan Water Resistance iPhone Dituduh Menyesatkan, Hakim: Tak Ada Bukti

Apakah kamu sudah menggunakan kedua fitur yang ada di iklan ini?

Jika belum, pengaturan App Tracking Transparency ada di Settings - Privacy - Tracking.

Lalu untuk Mail Privacy Protection ada di bagian Settings - Mail Privacy Protection. Untuk pelanggan iCloud+, ada fitur tambahan yang dapat digunakan yaitu Use Hide My Email untuk membuat email unik dan acak yang dapat mengurangi pelacakan aktivitas kamu saat mendaftar layanan online.

Editor : Bagus Hernawan

Latest