Follow Us

iFixit Bongkar MacBook Pro M2, Banyak Suku Cadang Identik Tipe Lama

Bagus Hernawan - Jumat, 01 Juli 2022 | 15:41
Mesin MBP M2 dan MBP M1
iFixit

Mesin MBP M2 dan MBP M1

iFixt yang pastinya dikenal Apple Fanboy sebagai website yang biasa bongkar produk Apple atau teardown, telah membagikan video baru untuk produk MacBook Pro M2.

Dari hasil temuan iFixit, ada beberapa penjelasan menarik seputar hasil bongkar MacBook Pro M2 yang mereka lakukan.

Salah satu yang wajib kamu tahu adalah seputar suku cadang yang digunakan oleh Apple untuk MacBook Pro M2.

Disebutkan oleh iFixit bahwa beberapa komponen yang ada di MacBook Pro M2 sebelumnya sudah digunakan oleh Apple pada MacBook Pro M1 rilisan tahun 2020.

Bahkan ketika mereka membongkar bagian mesin utama alias logic board, kamu bisa memasang mesin dari MacBook Pro M1 ke bodi MacBook Pro M2! Apakah bisa digunakan dengan lancar?

Sayangnya tidak. Mesin MacBook Pro M1 yang dipasangkan ke bodi MacBook Pro M2 tidak dapat mengenali komponen input bawaan seperti Touch ID, Keyboard dan juga Trackpad.

Baca Juga: Box MacBook Pro M2 Sama Persis MacBook Pro M1, Hanya Ditutup Stiker!

Kemungkinan hal ini terjadi karena Apple memberikan keamanan berbasis hardware atau serialisasi di komponen input tersebut agar hanya cocok digunakan pada mesin bawaan.

Namun untuk bagian layar serta port lain yang ada di komputer, tetap bisa digunakan dengan lancar dalam uji coba bertukar mesin MacBook Pro ini.

iFixit juga menjelaskan bahwa beragam suku cadang yang ada di MacBook Pro M2 adalah barang yang sama alias identik dengan yang ada di MacBook Pro M1. Beberapa diantaranya adalah kipas, speaker, grounding dan bagian layar serta kabel-kabel penghubung.

Salah satu perbedaan yang cukup mudah terlihat adalah bagian heatsink atau jalur pipa pendingin di MBP M2 yang dibuat lebih kotak.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest