Follow Us

Keluhan MacBook Air M2: SSD Lambat Hingga Warna Mudah Terkelupas

Bagus Hernawan - Rabu, 24 Mei 2023 | 17:14
MacBook Air M2
Dave2D

MacBook Air M2

MacBook Air M2 telah resmi dijual di Apple Store dan diterima oleh para pengguna yang membeli lewat Apple Online Store.

Selain desain baru yang menawan dan hadirnya teknologi MagSafe 3 Connector, sayangnya ada sejumlah keluhan yang sudah disampaikan oleh para pengguna MacBook Air M2.

Beberapa diantaranya adalah SSD 256GB MacBook Air M2 yang lebih lambat dan seputar bodi baru yang digunakan. Dalam artikel ini tim MakeMac akan membahas semua hal tersebut. Yuk cek langsung!

Keluhan MacBook Air M2

SSD Lambat

Bagi kamu yang belum tahu, sebelumnya tim MakeMac telah membahas seputar SSD di MBP dan MBA M2 yang menggunakan spek 256GB ternyata lebih lambat daripada di generasi MBP dan MBA M1.

Hal ini terjadi karena Apple menggunakan sistem single NAND Chip ukuran 256GB di M2. Sedangkan di M1, Apple menggunakan 2 keping NAND Chip untuk mencapai 256GB (128GB x 2) yang dihubungkan secara parallel.

Dengan sistem single chip NAND, biaya produksi memang menjadi lebih rendah untuk Apple. Namun hal ini membuat kecepatan Read dan Write ke SSD menjadi lebih lambat.

Kecepatan SSD MBA M2
Dave2D

Kecepatan SSD MBA M2

Dari pengujian yang dilakukan Dave2D di YouTube, kecepatan MacBook Air M2 SSD 256GB ada di kisaran 1450MBPS. Sedangkan di MacBook Air atau MacBook Pro M2 dengan 512GB, kecepatan SSD ada di angka 2900MBPS. Lalu di MacBook Air atau MacBook Pro M1 juga ada di 2900MBPS.

Sebetulnya bagi pengguna kasual atau tidak memerlukan kecepatan baca dan tulis ke storage super cepat seperti edit video, membuat animasi atau pengolahan kompleks lainnya, 1450MBPS merupakan kecepatan SSD yang masih terbilang ngebut.

Jadi jika kamu ingin menggunakan MBA M2 256GB dan hanya memerlukan untuk mengolah dokumen ringan, edit foto dan video standar atau kegiatan komputasional harian lainnya, kamu tidak akan merasakan bahwa SSD yang digunakan punya kecepatan separuh dari SSD dengan ukuran 512GB.

Baca Juga: Kumpulan Video Review MacBook Air M2 Beredar di YouTube

Warna Midnight dan Bekas Sidik Jari

Salah satu warna favorit dari MacBook Air M2 adalah Midnight Blue. Sepintas warna ini mengingatkan saya dengan MacBook Black era tahun 2006.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular