Follow Us

Pindahkan Tombol Close Tab Firefox ke Kiri

Kuswanto - Kamis, 02 Juli 2009 | 18:05
Pindahkan Tombol Close Tab Firefox ke Kiri

Firefox sebagai salah satu pesaing ketat Safari, baru saja menyentuh versi 3.5. Versi yang dipuji-puji sebagai sebuah versi yang cukup signifikan walaupun hanya bertambah setengah versi. Firefox 3.5 terasa jauh lebih ringan dan lebih cepat dibandingkan versi 3, dan sampai sejauh ini lebih stabil setidaknya di Mac saya. Satu hal yang selalu mengganjal yaitu tombol penutup tab selalu saja di sebelah kanan, inilah sebuah cara untuk menggesernya ke kiri.

Entah kenapa, pengembang Firefox untuk Mac selalu saja menempatkan tombol penutup tab (Close button) di sebelah kanan, padahal semua aplikasi Mac menyimpan tombol penutup di sebelah kiri. Hal tersebut membuat kikuk pengguna Mac karena kita sudah terbiasa menutup apapun di sebelah kiri.

Untuk menggesernya ke kiri, kita harus merubah sebuah berkas, userChrome.css. Untungnya ada satu ekstensi yang memudahkan kita untuk mengedit userChrome.css. Langkah pertama, silakan unduh ekstensi ChromEditPlus. Mungkin Anda diminta untuk restart Firefox supaya bisa menggunakan ChromEditPlus.

Menu ChromEdit Plus

Setelah terunduh, di menu Tools Anda akan melihat menu tambahan ChromEdit Plus. Pilihlah sub-menu ChromEdit, maka akan muncul jendela di bawah ini.

Jendela edit userChrome.css

Yang Anda lihat adalah isi dari userChrome.css, jadi dengan ekstensi ini Anda tidak perlu ngubek-ngubek Firefox hanya untuk membuka berkas userChrome.css. Selanjutnya, carilah baris seperti ini.

/*Tab: close buttons left .tab-icon-image {-moz-box-ordinal-group: 1 !important;} .tab-close-button {-moz-box-ordinal-group: 2 !important;} .tab-text {-moz-box-ordinal-group: 3 !important;} */

Baris tersebut sebenarnya hanya di jadikan komentar, artinya tidak dianggap sebagai perintah valid oleh Firefox. Tanda komentar adalah di awali dengan /* dan diakhiri dengan */ seperti terlihat di atas. Supaya Firefox mengaggapnya sebagai sebuah perintah, pindahkan */ ke bagian atas setelah kata “left”, seperti ini.

/*Tab: close buttons left */ .tab-icon-image {-moz-box-ordinal-group: 1 !important;} .tab-close-button {-moz-box-ordinal-group: 2 !important;} .tab-text {-moz-box-ordinal-group: 3 !important;}

Editor : Kuswanto

Latest