Follow Us

[EKSKLUSIF] Review : iOS 5 Beta 1

Fauzan Alfi - Senin, 13 Juni 2011 | 08:43
[EKSKLUSIF] Review : iOS 5 Beta 1

Pada ajang Worldwide Developer Conference 2011, Apple memperkenalkan iOS 5, sistem operasi terbaru untuk iPhone, iPod touch dan iPad, kepada publik. Pada iOS 5, terdapat kurang lebih 250 fitur baru dihadirkan seperti Notification Center. Kami pun mendapatkan akses untuk mencoba langsung iOS 5 Beta 1 di salah satu iPhone kami dan mengulasnya untuk anda.

Tampilan Mula + PC-Free

iOS 5 memiliki tampilan mula yang berbeda dengan versi sebelumnya. Karena ditujukan sebagai perangkat ‘post-PC’, iOS 5 memudahkan anda dalam proses aktivasi dan restorasi perangkat. Maka, tampilan mula iOS 5 serupa dengan ketika anda baru memasang Mac OS X atau menyalakan Mac anda namun dengan gaya iOS.

Saat proses aktivasi, ada beberapa tahap yang harus anda tempuh, antara lain :

  • Penentuan bahasa : anda diminta menentukan bahasa dan keyboard layout yang akan anda gunakan pada perangkat iOS anda
  • Penentuan negara : anda diminta memilih negara tempat anda berada saat ini. Mungkin ini digunakan untuk menentukan zona waktu di perangkat iOS anda.
  • Mencari WiFi hotspot : untuk mempermudah proses berikutnya, anda bisa memilih WiFi hotspot yang tersedia.
  • Login ke Apple ID anda : anda bisa menggunakan akun MobileMe, akun iCloud, akun yang sama untuk iTunes Store atau membuat Apple ID baru.
  • Restore atau tidak? : terdapat 3 pilihan; anda bisa menyiapkan perangkat anda sebagai perangkat baru atau merestorasinya dari backup sebelumnya, bisa dari iTunes atau dari iCloud.
  • Find My iPhone : jika anda menggunakan akun MobileMe atau akun iCloud, anda bisa mengaktifkan fitur ini atau tidak.
Bila sudah menempuh langkah-langkah tersebut, perangkat iOS anda dengan iOS 5 siap digunakan!

Tampilan Springboard

Secara umum, tampilan Springboard atau Homescreen di iOS 5 tidak ada perubahan. Namun, anda akan menemukan dua aplikasi baru yaitu Reminders dan Newsstand Mari kita bahas kedua aplikasi tersebut.

Reminders

Sesuai dengan namanya, Reminders berguna untuk mengingatkan anda dalam bentuk to-do list. Tak hanya itu, penggunaan Reminders ini beragam. Anda dapat menuliskan daftar belanja anda atau menuliskan daftar pencapaian anda dalam sebuah proyek. Satu fitur dari Reminders yang menarik perhatian saya adalah dapat mengingatkan pengguna untuk melakukan sesuatu ketika berangkat dari atau sampai di suatu tempat. Hal ini dikarenakan Reminders akan membaca geolocation perangkat iOS anda.

Newsstand

Beberapa waktu yang lalu, Apple memperbolehkan sistem langganan konten (content subscription) untuk aplikasi di AppStore. Tentu saja hal ini akan sangat memudahkan pengembang aplikasi majalah dan surat kabar. Kini, Apple mempermudahnya dengan Newsstand, dimana semua konten berlangganan koran maupun majalah anda terorganisir dengan baik dan jika terdapat edisi terbaru, Newsstand akan mengunduhnya secara otomatis.

Notification Center

Masalah paling krusial pada iOS adalah pengelolaan notifikasi yang sangat buruk. Setiap notifikasi yang muncul pasti akan menginterupsi segala sesuatu yang sedang dilakukan dengan perangkat iOS anda. Sayangnya, notifikasi itu hanya muncul sekali dan tidak dapat dimunculkan lagi. Hal ini sangat mengecewakan. Namun, pada iOS 5, Apple menata semua notifikasi dan mengumpulkannya dalam satu tempat yang disebut Notification Center.

Untuk dapat mengakses Notification Center, cukup menggeser jari dari atas ke bawah dari aplikasi apapun. Bila anda geser ke bawah, anda akan menemukan widget cuaca dan saham yang dapat diatur lebih lanjut dengan sentuh widget.

Pada Notification Center, berkumpul semua notifikasi yang belum anda tanggapi. Untuk menanggapi, cukup sentuh notifikasi yang akan ditanggapi dan anda akan diarah ke aplikasi yang diinginkan. Anda pun dapat menanggapi notifikasi terbaru pada lock screen. Uniknya, untuk menanggapi notifikasi di lock screen, anda cukup menggeser icon notifikasi ke kanan dan langsung diarahkan ke aplikasi yang dituju.

Editor : Fauzan Alfi

Latest