Follow Us

iOS 6: Tampilan Baru App Store

Kuswanto - Jumat, 05 Oktober 2012 | 15:00
iOS 6: Tampilan Baru App Store

Apple menghadirkan sekitar 200 fitur baru pada iOS 6 dan juga meluncurkan aplikasi baru, Passbook. Selain itu juga, kita bisa menggunakan Siri yang sudah mengerti logat Bahasa Inggris orang Indonesia. Apple juga bekerjasama dengan Facebook, menghadirkan dukungan Facebook di seluruh sistem, termasuk sharing aplikasi dari App Store ke Facebook. Yang paling kentara adalah perubahan drastis App Store di iOS 6.

Desain Antar Muka baru

Yang paling kentara ketika menjalankan App Store di iOS 6 yaitu warna navigasi dan tab bar berubah menjadi hitam, pada iOS 5 berwarna kebiruan. Menurut saya desainnya terlalu trendi, tapi saya juga tidak membencinya. Perubahan warna memang dibutuhkan kedua bar tersebut memang dibutuhkan mengingat warna sebelumnya merupakan warna standar iOS.

Desain yang baru membuat pengguna menjadi fokus kepada icon dan informasi aplikasi. Warna background yang hampir putih membuat icon aplikasi menjadikannya sangat mencolok. Icon aplikasi memegang peranan penting suatu aplikasi. Saya sendiri selalu menilai bagus-jeleknya aplikasi berdasarkan desain iconnya. Dengan icon yang lebih mencolok dibandingkan elemen App Store lainnya, menemukan aplikasi yang dicari akan lebih mudah.

Layout Lebih Nyaman dan Dukungan Gestures

App Store sebelumnya terasa sempit, semuanya elemen berada dalam kotak yang mempunyai jarak berhimpitan. Pada App Store iOS 6, kotak-kotak tersebut sebagian besar dihilangkan, digantikan dengan jarak yang lebih luas.

App Store pada iOS 5 dan sebelumnya terasa seperti sedang memakai point-n-klik. Contohnya ketika buka halaman selanjut/sebelumnya kumpulan aplikasi, kita diharuskan menekan tombol panah kiri/kanan, perilaku seperti ini hanya dipakai oleh mouse.

Pada App Store iOS 6, digantikan dengan gesture swipe, yang membuat App Store lebih terasa aplikasi standar iOS. Contohnya pada highlight aplikasi, sekarang ditampilkan seperti efek cover flow. Pengguna dapat menggeser highlight aplikasi dengan swipe. Begitu juga dengan pilihan aplikasi yang ada di Top Chart, kita bisa menggulung aplikasi-aplikasi teratas dengan swipe atas–bawah.

Apple juga menambahkan tab navigasi pada bagian Featured di bagian atasnya berupa kategori-kategori yang paling sering dicari oleh pengguna seperti Games, Educations, & Newstand. Ketika suatu kategori di-tap, akan ditampilkan aplikasi yang di-featured kan oleh Apple.

Update Tanpa Harus Kembali ke Home Screen

Seringkali saya malas update, tahu-tahu aplikasi yang minta di update sudah bertumpuk. Waktu di iOS 5, ketika kita klik tombol Update, App Store akan tertutup digantikan dengan Home Screen di mana tempat aplikasi tersebut berada. Kalau mau update banyak aplikasi, kita harus bolak-balik buka App Store dan Home Screen, cukup mengesalkan.

Apple menyadari akan pengalaman yang tidak menyenangkan tersebut, pada iOS 6 prosedur bolak-balik ditiadakan. Sekarang progres bar download update terlihat langsung di App Store.

Sharing Yang Lebih Beragam

Pada iOS 5 kita hanya bisa memberitahu teman melalui email saja. Tidak ada pilihan berbagi link suatu aplikasi ke situs sosial. Pada iOS 6 pilihan berbagi menjadi lebih beragam, kita bisa berbagi link aplikasi ke Twitter, Facebook, Messages, Email bahkan bisa menyalin link aplikasinya. Dengan adanya fitur menyalin link, pengguna bisa lebih mudah memilih jalur sharing, misalnya untuk ditempel di tulisan blog.

Editor : MakeMac

Latest