Follow Us

Tambahkan Banyak Fitur di Camera Dengan CameraTweak

Andrie Rifani - Jumat, 09 November 2012 | 17:11
Tambahkan Banyak Fitur di Camera Dengan CameraTweak

Sudah bukan rahasia lagi kalau kamera yang ada pada setiap iPhone dan iPod touch memang berkualitas tinggi. Walaupun pernah ada sedikit keluhan tentang cahaya ungu yang terdapat pada iPhone 5, namun hal ini tidak mengurangi antusiasme para pengguna iOS untuk tetap menggunakannya.

Beberapa waktu lalu MakeMac pernah membahas sebuah tweak bernama CamTime yang memberikan fitur Countdown Timer pada aplikasi kamera. Nah kali ini saya akan mencoba membahas tentang tweak yang akan memberikan banyak sekali fitur-fitur pada aplikasi Camera, tweak tersebut bernama CameraTweak.

Pengenalan Fitur

CameraTweak dibuat oleh seorang developer Cydia yang menyebut dirinya sebagai Samball (@samballl). Samball sendiri tergolong muda di komunitas Jailbreak, dan baru mengeluarkan sebanyak 4 (empat) tweak termasuk CameraTweak.

Fitur merupakan alasan utama kenapa kamu harus memasang tweak ini di aplikasi Camera yang kamu miliki. Semua fitur dapat kamu aktifkan pada tombol bulat putih yang terdapat di bagian bawah dari Camera. Fitur yang diberikan akan berbeda, tergantung kamu sedang menggunakan mode Photo atau mode Video.

Pada mode Photo, kamu akan diberikan fitur Advance Mode, Time Lapse Mode, Timer, dan Composition Overlay. Sedangkan pada mode Video, kamu akan diberikan fitur Advance Mode, Custom Frame Rate, Resolution dan Aspect Ratio. Mari kita bahas sedikit tentang fitur-fitur ini.

Advance Mode

Fitur ini tersedia baik untuk mode Photo maupun mode Video. Pada Advance Mode, kamu bisa memisahkan titik Exposure dan titik Focus yang sebelumnya merupakan satu kesatuan. Kedua titik ini bisa kamu pindahkan dan kunci, dengan cara melakukan tap+hold. Advance Mode bisa kamu aktifkan dengan melakukan tap pada icon pertama di sebelah kiri.

Time Lapse Mode

Time Lapse adalah suatu teknik fotografi di mana ratusan atau bahkan ribuan foto dari satu angle yang sama dikumpulkan menjadi satu untuk kemudian dijadikan suatu adegan film. Fitur ini bisa kamu atur untuk mengambil gambar mulai dari 1–60 detik hingga 1–60 menit. Contoh hasil dari Time Lapse Photography bisa kamu lihat disini.

Timer Mode

Sesuai dengan namanya, Timer Mode ini berfungsi sebagai Countdown Timer pada aplikasi Camera. Jika kamu berencana untuk menggunakan tweak ini untuk ke depannya, mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk meninggalkan CamTime.

Composition Overlays

Aplikasi Camera memberikan fitur Grid berupa 9 blok. Namun dengan CameraTweak, kamu bisa mendapatkan 3 tambahan Grid baru yang bisa kamu pilih dengan melakukan swipe ke atas atau ke bawah. Sebagai tambahan informasi, Grid hanya tersedia untuk mode Photo.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Andrie Rifani

Latest