Follow Us

Cerita di Balik Nama “Safari” Peramban Buatan Apple

Hendra Saputra - Jumat, 21 Desember 2012 | 12:51
Cerita di Balik Nama “Safari” Peramban Buatan  Apple

Mantan karyawan Apple yang sebelumnya membawahi tim untuk Safari dan juga Webkit, Don Melton, mempublikasikan cerita menarik di balik kehadiran Safari sebagai nama untuk peramban buatan Apple.

Melton menuturkan bahwa sebutan Safari baru muncul kurang dari sebulan sebelum diumumkannya peramban tersebut secara luas tanggal 7 Januari 2003.

Sebelum Safari, beragam panggilan telah disematkan untuk peramban tersebut seperti Freedom yang diajukan oleh Steve Jobs, dan juga iBrowse yang pada saat itu menjadi bahan lelucon tim Melton.

Namun Melton menganggap nama-nama tersebut konyol sehingga pada akhirnya, ia memutuskan untuk tidak terlalu memusingkan nama-nama tersebut.

Dan di minggu kedua bulan Desember 2002, rekan sejawatnya yang bernama Kurt Knight menghampirinya dan kemudian memberitahu bahwa mereka telah menentukan nama untuk peramban tersebut, Safari.

Awalnya Melton biasa saja dengan nama tersebut, tapi lama kelamaan, ia mulai menyukainya dan meyakinkan para timnya bahwa nama tersebut adalah yang terbaik.

It might have been during the second week of December that I walked out of Caffe Macs, our company cafeteria, heading back towards my office after having a fine lunch, when I saw Kurt Knight, the Marketing product manager, approaching.

I met Kurt in the middle of the Infinite Loop quad. He seemed excited and said he was looking for me.

“What’s up?”

“They’ve picked a name!”

I didn’t need anymore context than that. And immediately I tensed up like someone expecting to be hit in the face. All those shitty names I’d heard over the last few months came flooding back like sewer water.

“What… is it?” I asked with my teeth nearly clenched.

Editor : MakeMac

Latest