Follow Us

Kesan Pertama SimCity for Mac: Kompleksitas Yang Menyenangkan

Hendra Saputra - Jumat, 30 Agustus 2013 | 15:36
Kesan Pertama SimCity for Mac: Kompleksitas Yang Menyenangkan

Sebuah simulasi pembangunan kota yang akan membuatmu senang, sekaligus kesal. Kalimat itu menggambarkan impresi pertama saya perihal SimCity for Mac.

Mungkin kamu sudah dengar kabar dari media-media hari ini, bahwa SimCity for Mac masih saja mengalami gangguan. Mulai dari tidak bisa diunduh dari Origin, tidak bisa terkoneksi ke server, sistem operasi minimal yang tidak sesuai dan lainnya.

EA sendiri mengkonfirmasi hal tersebut dengan berkata demikian:

There are a small number of players who have encountered issues with SimCity for Mac. Our live team is working individually with our players to resolve their issues and get them into the game as quickly as possible.

Okay, pernyataan EA yang waktu itu mengatakan ‘ingin membuat SimCity for Mac’ lebih sempurna, seakan menguap di udara berkat adanya kabar ini.

Baca juga: SimCity for Mac Diundur (Lagi)

Untungnya saya tidak mengalami hal demikian. Proses koneksi ke ragam server SimCity – Europe 5, Asia 2, dan North America West 3 – tidak ada masalah. Saya hanya menemukan problem delay saat menekan tombol di permainan, tapi itu bukan hal besar.

Gameplay: Kompleksitas Yang Menyenangkan

Memainkan SimCity for Mac memberikan sensasi tersendiri. Saya harus mengeksplor lebih lagi lingkungan dan tata cara yang baru, yang diterapkan Maxis dalam seri ini. Keseringan bermain dengan SimCity 4 membuat saya awalnya agak sulit beradaptasi dengan SimCity for Mac.

Kesulitan pertama yang hingga sekarang masih agak sulit untuk saya adaptasi adalah proses membuat jalan. Alih-alih mengacu pada grid layaknya di SimCity 4, di SimCity 5, Maxis menghilangkan hal itu. Mereka menggantinya dengan kebebasan membuat jalan untukmu. Ditambah lagi, ada 5 template bentuk jalan yang bisa kamu terapkan – lurus, persegi, melengkung, melingkar dan bentuk bebas.

Tapi, ketidakhadiran grid sebagai panduan untuk membuat jalan pada SimCity 5 menyulitkan saya. Tidak ada bantuan apapun kecuali lapang hijau yang harus kamu gambar dengan jalan raya. Bantuan sendiri baru akan muncul saat kamu sudah menarik sebuah jalan. Fungsinya? Untuk memastikan kalau ukuran jalanmu yang lain presisi dengan jalan yang baru kamu buat tersebut.

Kemudian, kompleksitas pemeliharaan penduduk adalah kesulitan kedua yang harus saya adaptasi dengan SimCity for Mac. Tapi itu hal ini menyenangkan. Masyarakat, minimal, perlu listrik dan air untuk bisa berkembang, baru kemudian, sarana lainnya seperti rumah sakit, sekolah, kantor polisi dan pemadam kebakaran. Di SimCity for Mac tidak seperti itu. Selain listrik dan air, kita juga harus memikirkan di mana harus menampung ‘limbah biologis dan non biologis’ para penduduk kita. Semakin ribet? Ya, tapi ini masuk akal. Bagaimana jika kamu terus saja buang limbah biologis tanpa disalurkan ke tempat penampungan akhir? Tentu saja limbah tersebut akan penuh dan penuh dan penuh dan semakin penuh hingga akhirnya…… Okay, tidak saya lanjutkan.

Editor : MakeMac

Latest