Follow Us

Review Mail Pilot: Pengolah Email Intuitif Membantu Menyelesaikan Tugas Tanpa Stress

Kuswanto - Jumat, 17 Januari 2014 | 15:24
Review Mail Pilot: Pengolah Email Intuitif Membantu Menyelesaikan Tugas Tanpa Stress

Apakah kamu sedang mencari pengolah email alternatif yang lebih baik daripada aplikasi bawaan Mail.app, atau kamu merupakan salah satu pengguna Sparrow yang bertahan memakainya sampai saat ini walaupun pengembangannya sudah dibekukan?

Coba cek aplikasi baru pengolah email Mail Pilot, yang berjanji membuat pengolahan email yang memfokusikan kepada sistem produktivitas dengan menggabungkan sistem to-do dengan email.

Mail Pilot dibuat oleh Mindsense dimulai dengan proyek Kickstarter pada awal Januari 2012. Proyek Mail Pilot mendapatkan 1.623 dukungan dan mendapatkan dana 156% melebihi target yang ditetapkan. Tidaklah heran, karena pada saat itu belum ada inovasi aplikasi di ranah aplikasi email iOS. Sekarang Mail Pilot meluncurkan versi OS X yang sudah saya coba selama masa beta untuk umum.

Bagi yang sudah pernah memakai Mailbox di perangkat iOS, proses yang dipakai Mail Pilot agak mirip. Tapi, ada banyak perbedaannya pengolahan email yang membuat Mail Pilot lebih unggul dan sederhana daripada Mailbox.

Baca Review Mailbox: Aplikasi Email Terbaik Buat iPhone

Pengaturan Email oleh Mail Pilot

Bagi yang mempunyai inbox email yang sibuk akan kewalahan dengan jumlah email yang masuk. Email baru yang sudah masuk inbox kemudian harus di kelompokan dengan diberi label atau dimasukan ke dalam folder yang sesuai. Sebagian besar aplikasi email tidak memberikan cara cepat pengkategorian email, pengguna harus melakukannya secara manual.

Mail Pilot memberikan solusi dari masalah tersebut. Setiap email diperlakukan sebagai sebuah to-do yang harus diselesaikan, diingatkan kembali atau dikesampingkan pada lain waktu. Secara garis besar, Mail Pilot mempunya dua sistem Kategori dan Inbox.

Inbox adalah kotak surat berisi email yang harus diproses ke kategori yang disediakan oleh Mail Pilot.

Yang dimaksud dengan kategori adalah sistem pengelompokan email yang dipecah menjadi, Complete, Review on Date, List dan Set Aside. Setiap email yang masuk, bisa dimasukan ke salah satu 4 kategori tersebut. Dengan begitu, Mail Pilot akan menjaga inbox tetap bersih atau banyak yang menyebutnya dengan istilah inbox zero.

Mari kita bahas satu persatu supaya lebih mendetail, bagi yang sudah mengerti hanya berdasarkan nama kategoriya, silakan lanjut ke bagian selanjutnya.

Setiap pesan yang masuk ke Mail Pilot merupakan sebuah to-do yang ditandai dengan lingkaran yang bisa dicentrang untuk menjadikan mengubah status email tersebut menjadi Complete. Complete disini bisa diartikan juga sebagai memindahkan email tersebut ke dalam arsip yang tidak perlu lagi ditindak lanjuti.

Mengatur tanggal peninjauan ulang suatu email bisa menggunakan kategori Remind. Ketika tanggal yang diatur di Remind sudah tiba, email tersebut akan kembali muncul di Inbox bagian atas dengan nama judul Today’s Reminders. Sedangkan email yang yang masa tinjau ulangnya masih jauh bisa dilihat pada tab Upcoming.

Editor : MakeMac

Latest