Follow Us

30 Tahun Mac dan Peran Pentingnya di Indonesia Sejak Awal Tahun 90an

Hendra Saputra - Sabtu, 25 Januari 2014 | 15:19
30 Tahun Mac dan Peran Pentingnya di Indonesia Sejak Awal Tahun 90an

Kemarin usia Mac genap 30 tahun. Tidak terasa memang karena komputer yang biasa menemani kegiatan kita sehari-hari ini, sudah berumur lebih tua ketimbang saya dan sebagian pembaca lainnya.

Apple sendiri merayakan hari jadi salah satu produk andalannya tersebut dengan caranya. Dalam publikasi di situs dan akun YouTubenya, Apple membagikan video eksklusif terkait penuturan orang-orang yang sehari-hari, terlibat dengan Mac sejak lama. Salah satu yang hadir dalam video tersebut adalah musisi bernama Moby.

Lihat videonya di bawah ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Situs Apple juga berubah. Dalam rangka memperingati hari jadi Mac yang ke–30, Apple menghadirkan informasi lebih lanjut perihal Mac apa saja yang sudah hadir sejak 30 tahun yang silam, serta apa saja yang sudah dihasilkan orang-orang dengan alat tersebut.

Tampilan situs itu sangat menarik, terdiri dari kartu bergaris panjang ke atas dan berjajar. Apabila kamu arahkan kursor ke pojok, kartu-kartu tersebut akan bergeser rapi dengan sendirinya.

Lihat di tautan berikut ini.

Mac di Indonesia, Sejak Lama

Di Indonesia sendiri peran Mac sudah terasa. Ada orang-orang yang mencintai Apple dan menghadirkan banyak solusi, berkat penggunaan Mac. Salah satunya adalah Djundi Karjadi (@macjundi), yang dituturkan olehnya kepada MakeMac.

Tahun 1988 merupakan awal karirnya di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia, setelah lulus dari NorthEastern University, Amerika Serikat.

Ia adalah seorang pecinta Mac sejak masa kuliah. Hal itu ia tandai dengan bekerja di salah satu dealer Apple di US yang bernama Ferranti Dege di Brookline. Dan tidak berlama-lama, sejak awal karirnya di stasiun televisi tersebut, ia langsung mengajukan penawaran untuk memakai Macintosh (saat itu Mac II cx) buat menyokong pekerjaannya. Saat itu ia mendapat tentangan dari manajemen, hingga akhirnya Macintosh II fx rilis dan mesin tersebut dianggap relevan buat dipakai melakukan pekerjaan desain grafis.

Editor : MakeMac

Latest