Follow Us

Review GifGrabber: Buat Animasi GIF dari Video Yang diputar

Kuswanto - Rabu, 29 Januari 2014 | 10:11
Review GifGrabber: Buat Animasi GIF dari Video Yang diputar

Menonton animasi GIF yang lucu-lucu di internet emang mengasikan. Tapi kalau bikin sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Nah, aplikasi GifGrabber dapat membuatkan animated GIF dari Video yang sedang diputar di layar kamu.

Cara Pakai

GifGrabber bekerja dengan menangkap sebagian area layar yang harus kamu tempatkan ke bagian video yang akan ditangkap. Video yang ditangkap bisa dari aplikasi pemutar video atau berupa web video. Setelah posisinya tepat, tinggal menekan tombol Start Capture untuk memulai menangkap video yang diputar. Untuk menyelesaikanya tekan kembali tombol yang sama. Jangan khawatir apabila tangkapannya tidak pas, GifGrabber mempunyai fitur memotong frame (Trim).

Setelah mendapatkan tangkapan, tekan icon GifGrabber di Menu Baru. Klik thumbnail tangkapan untuk memunculkan jendela edit. Pada jendela edit, kamu bisa mengatur frame mulai dan akhir untuk menyempurnakan animated GIF.

Setelah selesai mengedit frame, atau mengubah ukurannya. Animated GIF yang telah dibuat bisa kamu simpan atau di upload ke GifSicle.com — Web penyimpanan file GIF yang disediakan GifGrabber.

Gambar di bawah ini merupakan diproduksi oleh GifGrabber.

Kekurangan

GifGrabber terasa susah dibuat, terutama pada aplikasi pemutar video yang selalu berada di atas jendela lain. Sebagai sebuah penangkap video, seharusnya GifGrabber selalu berada paling atas dari jendela aplikasi lain.

Sebenarnya GifGrabber mampu menangkap bagian layar manapun, cocok untuk membuat tutorial langkah-langkah penggunaan aplikasi. Tapi, sayangnya saat ini GifGrabber tidak bisa berada di atas menu bar.

Yang paling mengesalkan, apabila jendela daerah tangkapan ditutup, tidak opsi untuk memunculkannya kembali. Satu-satunya cara untuk memunculkannya kembali hanya dengan menyalakan ulang aplikasi GifGrabber.

Kesimpulan

Apabila Gifgrabber dibuat lebih ramah pengguna, saya tidak keberatan membelinya. Bakal berguna untuk membuat animated GIF untuk iseng atau untuk how-to di MakeMac.

Dengan harga gratis, kekurangannya bisa dimaklumi. Hasil animated GIF yang dihasilkan sangat memuaskan. Bagi yang suka membuat animated GIF, GifGrabber patut kamu koleksi.

Download GIPHY Capture. The GIF Maker · Harga: Gratis


Lihat 7 Aplikasi Pemutar Video Yang Kami Rekomendasikan →


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest