Follow Us

Interview Eksklusif MakeMac Dengan KOTAK Band Terkait iTunes

Hendra Saputra - Jumat, 28 Maret 2014 | 17:05
Interview Eksklusif MakeMac Dengan KOTAK Band Terkait iTunes

Hari Rabu tanggal 25 Maret 2014, MakeMac mendapat kesempatan untuk melakukan interview eksklusif dengan salah satu band rock besar Tanah Air, KOTAK. Bertempat di kantor Warner Music Indonesia, pada sore yang cerah itu kami hadir dan bertemu dengan Chua (Bass) juga Cella (Gitar) dari KOTAK. Tantri sang vokalis berhalangan hadir.

Banyak hal yang kami bicarakan selama sesi wawancara berlangsung, mulai dari rencana dengan penjualan album terbaru KOTAK di iTunes, hingga kecintaan mereka terhadap produk Apple. Dan dari jawaban-jawaban yang mereka lontarkan, kami sangat yakin bahwa Chua dan Cella adalah salah seorang fanboy Apple – terutama Chua karena Cella sepertinya masih dalam proses menjadi seorang Fanboy.

KOTAK di iTunes, Keyakinan dan Pertaruhan

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, proses wawancara mengambil tempat di kantor Warner Music Indonesia. Di salah satu ruangan dengan tembok putih dan karpet abu-abunya, kami duduk berhadapan dengan KOTAK dan para crew. Fotografer MakeMac dan salah satu crew KOTAK mengabadikan momen ini dengan perangkat yang mereka punya.

Wawancara sendiri kami buka dengan pertanyaan terkait alasan di balik rilisnya album terbaru KOTAK di iTunes Store. Chua menyambar pertanyaan kami dengan cepat dan mengatakan keinginan mereka untuk memperluas sekaligus mempermudah para penggemar KOTAK dalam mendapatkan album mereka.

“Siapa yang tak kenal iTunes? Jaman sekarang hampir semua orang punya perangkat Apple meskipun mereka juga menggunakan perangkat lainnya,” Ungkap Chua, semangat. “Selain itu, rilis ini adalah upaya kami buat menghadirkan cara yang mudah untuk para kerabat KOTAK (sebutan untuk penggemar KOTAK) mendapatkan album kami.”

KOTAK baru saja merilis album ke–5 mereka yang berjudul Never Dies tanggal 18 Maret 2014 kemarin di iTunes. Album ini tersedia buat para pemegang akun Apple ID regional Asia Pasifik. Tidak butuh lama buat Never Dies melesat tinggi karena pasca rilisnya di iTunes, album tersebut langsung berada di posisi 1 Top Albums iTunes regional Indonesia.

“Jadi ceritanya waktu itu kami dikabari bahwa album Never Dies sudah nangkring di peringkat satu,” Sambung Chua, sambil sumringah. “Padahal, kami baru mempublikasikan album tersebut melalui sosial media yang kami miliki saja, tapi ternyata memang antusiasmenya tinggi sekali.”

Semakin variatifnya pendengar KOTAK saat ini, juga jadi alasan lainnya mengapa KOTAK merilis album di iTunes. Chua mengakui sangat sulit buat mendiversifikasi pendengarnya dan melalui iTunes, mereka berharap bisa memuaskan para pendengar tersebut.

“Kita belum melancarkan strategi khusus buat memuluskan penjualan di iTunes,” Sergah Chua, “Buat saat ini masih lewat sosial media dulu, atau kadang informasi langsung ke fanbase yang ada di luar negeri, bahkan pinjam device saudara untuk sekedar publish soal albumnya KOTAK.”

Cella kemudian datang. Ia terlambat, katanya “Ambil jaket dulu mas Hendra,” seraya bergabung dengan Chua dan bersiap menjawab pertanyaan MakeMac terkait potensi penjualan musik digital ke depannya.

“Dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini, konsumen tentu akan lebih memilih album digital karena kemudahan yang ditawarkannya,” Jawab Cella sang gitaris sambil kadang menengok iPhone 4 miliknya “Orang yang berdagang barang-barang tertentu saja bisa survive lewat online – bahkan berkembang – apalagi musik yang notabenenya jauh lebih sederhana.”

Editor : Hendra Saputra

Latest